12 Nov 2014

MENGIRIM NASKAH & DiTOLAK

Jeng jeng, assalamu'alaikum blog lover
Lagi hobi-hobi nya share artikel. Kali ini aku mau share pengalaman aku kirim naskah novel ke penerbit.

Bermula dengan hobi baca komik + baca novel dari kecil, di bangku SMA aku udah hobi nulis novel tapii anehnya itu, cerita yang aku tulis suka aku buang dan aku bakar, hhahahaha.. saking anehnya, beruntungnya masih ada yang selamat. Sampe akhirnya aku kuliah, disinilah aku mulai iseng nyoba kirim cerita novel aku ke penerbit (sampai tiga kali loh), dua kali naskahnya sama yang satu naskahnya beda, dannnnn ketiga nya ditolak.. huhuhu, sedih pasti. Ga mungkin ga sedih.
Semenjak itu, aku jadi males buat nyoba-nyoba lagi, kaya frustasi gitu, dan mungkin bukan bidang aku (mikirnya gitu).

Ini foto berkas cerita karya aku yang ditolak, udah lama banget, ketemu nya ga sengaja gitu pas beres-beres rumah kemarin.

Tapi.... semenjak lulus kuliah dan kebetulan emang ada waktu luang, aku coba-coba nulis lagi. Dan jadilah, judulnya B. Sekarang lagi mau dicoba buat di kirim ke nulisbuku.com. disini kita bisa jadi penerbit sendiri dengan bantuan nulisbuku.com

Tapi... sekarang ceritanya tentang artikel yang ditolak dulu ya, nanti kalau sudah selesai gambar buat cover atau udah launching di nulisbuku.com (aamiin), kalau masih ada kesempatan, aku bakalan share ceritanya ^_^.

Kenapa novel cerita kita ditolak?
Yang pasti ada banyak alasan, masih kurang, belum sesuai, tulisan acak adul, alurnya ga jelas, baaanyaaaaak. Jadi atur pola pikir kalian biar tetep positif. Jadi penulis yang kritis, yang mau nerima masukan dan kalau bisa selalu mikir novel cerita kita itu emang masih kurang. Kalau ada yang kasih masukan kalian itu harus bersyukur, okay.

Lama nunggu hasil pengumuman?
Serasa uan aja nunggu pengumuman, hahaha. Biasanya nunggu pengumuman atau hasil naskah kita diterima atau engga itu bisa sampai 4 bulan. Jadi yang sabar yaa

Kalau cerita kita ditolak?
Kalau emang hobi kalian nulis, cari topik yang emang masih belum ada, fresh. Belajar belajar belajar. Pantang menyerah. Selalu berusaha. Jangan kecil hati. Tetep semangat.
Kalau masih pengen naskah novel yang sebelumnya yang diterbitin, coba kalian baca sendiri, perbaiki, trus minta temen kalian buat baca juga (yang suka novel yaaa, jangan yang ga suka. Ada kalian ga dapet hasil), minta masukan.
Kalau hobi ngeblog juga, posting aja di blog kalian, cerita yang udah kalian buat ^_^", tapi kalau pengen samaan kaya admin. Admin lagi pengen nyoba pos di nulisbuku.com.
Yukk tetep semangat nulis, soalnya buat jaman kaya sekarang ini, kebanyakan orang emang lebih liat info atau kawan-kawannya lewat gadget. Udah jarang yang bawa-bawa komik versi bukunya, mereka pasti udah kebanyaka  baca online.
Tapi.. semoga aja, ga segala sesuatu nya dilakuin lewat gadget. Sedih juga kalau misal kita jadi manusia yg terlalu tergantung dengan technologi. Bayangin aja kalau sumber bahan dasar atau baku teknologi abis, kepikiran engga gimana? (Ini si pikiran penulis aja, kan ada sisi positif sama negatifnya).

So tetep semangat ya blog lovers. Terima kasih sudah berkunjung ^_^

Wassalam


0 komentar:

Posting Komentar