20 Jan 2015

BINGKISAN (chapter 9 Novel 'sabtu yang kutunggu')

Minggu pagi yang suram. Air hujan turun begitu derasnya dari balik kacaku. Merasa sangat mengantuk dan malas untuk bergerak. Beberapa buku android tergeletak dimana-mana disampingku. Semalaman suntuk aku mengerjakan skripsi. Membuat sebuah aplikasi menggunakan android. Aku berusaha keras agar dosen pembimbingku menerima judul yang kuajukan. Judul ketiga baru dapat beliau terima. Waktunya merasakan bagaimana perjuangannya mengerjakan skripsi.
            Aku memandang sekilas jam dinding dikamarku. Pukul delapan lewat sepuluh menit. Aku baru tidur jam lima pagi tadi. Pantas saja aku merasa badanku sangat pegal.
            Drrrt... vidi mengirimiku whatsap. Sebuah foto rontxgen. Sekarang dia sudah hamil tiga bulan. Beruntungnya teman-temanku. Vidi sudah menikah dengan laki-laki yang sangat baik kepadanya. Dia sangat beruntung memiliki sertu kemudian hana yang punya kila. Padahal usia mereka baru dua puloh lima tahun, tapi mereka sudah menikah. Aku yang sudah berhubungan beberapa bulan dengan ka neo. Jangankan dilamar, dijadikan pacar aja engga. Dia lima tahun diatas ku tapi belum berniat untuk memiliki tahap hubungan yang serius denganku.
“hoooaaaaam” masih terus-terus an menguap dan merenggangkan badanku kesana kemari.
“BRUK!”
“ADUH!!”
Tanpa sengaja menendang buku ku jatuh namun keheranan karena ada desy yang kemudian muncul.
“loh.. lu ngapain des?” aku duduk di tempat tidurku.
“lu tidur jam berapa dah?. Gue kesini mau minta ngerjain skripsi bareng. Tapi lu nya masih molur.. eh gue malah ketiduran” dia mengucek-ngucek matanya.
“hahaha.. lu sendiri tidur jam berapa?, nanyain temen tapi sendirinya juga massih ngantuk”
“gue tidur jam tiga jen... pusing gue ngerjain skripsi. Udah kaya mau meledak nih pala”
“el... be…a...ye... lebay maksimal”
“biarin. Udah ayo bangun. Ajarin gue...” desy menarik tanganku menyuruhku bangun
“haduuh des.. gue masih ngantuk bingit inih”
Desy malah ikut berbaring di sampingku.

            Aku terbangun. Jam dinding menunjukkan jam dua lewat lima belas menit. Desy masih tertidur lelap. Sama kecapaiannya denganku. Aku kaget dan langsung mencari-cari dimana leptopku. Takut kalau sampai desy menindihnya.
Untung aku taroh meja, lega saat menemukannya.
            Didepan pintu kamarku ada sebuah box besar berwarna cream dengan pita gold diatasnya. Seperti box yang waktu itu dibawa ka neo. Diantara pita terdapat selipan sebuah surat.

Untuk Jeni,
            Kamu ingat dengan box yang pernah kubawa saat kita mempersiapkan pernikahan kila dan hana bukan?
            Ini box yang belum sempat kuberikan kepadamu.
            Semoga kamu senang
Neo

“bun...” aku sudah tidak memedulikan desy yang masih tertidur lelap dikamarku. Menuruni anak tangga dan mencari dimana ibuku.
“kenapa jen?, kalo turun tangga pelan-pelan bisa kan?”
“itu...?” aku belum sempat berkata ibu sudah menjelaskannya.
            Tadi pagi sekitar jam sembilan pagi neo datang. Mengetahui aku yang masih belum bangun jadi dia hanya menitipkannya kepada ibuku dan segera pulang.
“kamu kenapa si jen?” desi masih menguap dan mengikutiku.
“itu box dari siapa?” dia kembali bertanya.
“makasi ya bu” aku mencium pipi ibuku dan menarik balik tangan desy ke kamarku.
“jeni.. hari ini kakak kamu pulang. Rapihin kamarnya ya...” ibu ku sedikit berteriak.
“ya bu....”
            Ka Satria pulang. Senang sekali aku hari ini. Mendapat hadiah dari ka neo nanti juga ada ka satria yang baru pulang dari tanggerang. Sudah lama aku tidak bertemu kakakku sendiri.
“kakak lu yang ganteng nanti pulang.. asiiiik... ya Tuhan.. terima kasih. Untung hari ini gue kesini”
“eh... !” aku menyenggolnya.
“hahaha.. canda.. cemburuan banget si”
“biarin...mumpung masih boleh cemburu”
“kalo kaka lu suka ma gue gimana jen?”
“kalo kaka gue suka sama lu... gue buly ntar lu..”
“iiiih jahat! Masa kaka ipar di buli..”
“ha ha ha...”
“udah sini mending lu baca dulu deh buku yang ini.. ntar kalo lu masih ga ngerti gimana bikin aplikasinya gue ajarin” aku menyuruh desy membaca buku yang kuberikan kepadanya.
“ah.. langsung ajarin aja.. males gue kalo baca buku dulu. Enakan langsung praktek”
“gue tuh bisa juga karena baca dari sini...”
“yaudah lu buka web nya ini aja deh.. baca dikit-dikit. Ini tuh udah yang paling gampang”
“iya deh-iya.. bawel banget sih. Galak banget ngajarinnya. Pelan dikit bisa kan”
“maaf.. iya ntar gue ajarin pelan-pelan. Gue beresin kamar kaka gue dulu ya”
“gih sana...”
            Pergi meninggalkan desy dan masuk ke kamar kakakku. Sudah dua bulan ka satria tidak pulang. Mendengar kabar yang begitu menggembirakan. Aku tentu saja senang.
            Banyak sekali debu disana sini. Menggantungkan sebuah lap di bahu, menguncir rambut, menggunakan masker, dan tangan lengkap membawa sapu dan lap pel.
            Aku mau ka satria senang waktu dia masuk ke kamarnya. Jadi dia bisa tidur nyaman dan juga ga tidur di kamar ku. Aku sebal kalo dia pulang tau-tau an udah main tidur aja dikamar cewek. Kan malu. Kalo misal ada baju atau apa gitu yang berantakan. Ga- ga-ga, aku ga kuat membayangkannya.
            Di meja belajarnya ada sebuah frame foto didalamnya aku dan dia sedang bermain ayun-ayunan. Dia kakak yang sangat menjaga adiknya.
            “YOSH” aku mengelap keringat yang menetes di dahiku. Tinggal ngepel, setelah ini selesai. Bersih-bersih, mandi, balik kekamar, buka box dari ka neo, trus lanjut makan sama ngerjain skripsi bareng desy, aku sudah memplaningnya dikepalaku.
“des... gue mandi dulu ya” masih lengkap membawa peralatan bersih-bersih.
“oh.. iya..” sepertinya desy terlihat pusing sekali.

“ayo buka” desy penasaran dengan isi box yang diberikan ka neo.
“huuuufff” aku menarik nafas panjang.
            Menarik pitanya dan membukanya. Sebuah gaun berwarna broken white. Indah sekali.
“wa.... manis banget” desy ikut berkomentar.
Aku menariknya keluar dan menempelkannya di badanku. Ukurannya pas. Dress yang cocok untuk kupakai diacara-acara resmi. Rok rimpai yang begitu lucu sampai dengan lututku.
“ka neo pinter banget milihnya”
“iyaa” aku mengangguk setuju.
“beruntung banget kamu jen...”
            Aku kembali memasukkannya kedalam box. Menyimpannya dilemariku lengkap dengan boxnya.
“balik-balik ayo ngerjain skripsi”
“nyuruh ngerjain tapi sendirinya masih kepikiran tuh..”
Senyum-senyum sendiri.
“kan.. kan.. ah.. ini mah yang ada gue nggak bakal diajarin”
“iya iya.. mana si yang lu ga ngerti?” aku memerhatikan leptopnya.
“semuanya...” desy menatapku polus.
“coba liat” mengambil leptop desy dan menaruhnya dipangkuanku.
“des.. lu belum instal eclipse nya?”
“belum..” dia menjawab santai..
“desy... itu tuh paling mula banget ya lu install..” agak kesal karena kepolosannya
“abisnya gue beneran ga ngerti jen”
“sabar... sabaar... sabaar.” Mengelus dada sendiri.
“iya.. sabar jen.. jangan ngomel-ngomel mulu. Ntar cepet tua.”
Aku semakin agak jengkel dengan kepolusannya.
            Aku mengajari desy bagaimana menginstal eclipse, jdk, dan sdk nya. Tidak mau kalau aku yang melakukannya. Harus desy sendiri. Dengan begitu dari diri dia ada keinginan untuk belajar. Kemudian mulai mengajarinya membuat kodingan-kodingan dasar, seperti membuat tombol button dan menu –menu isi halamannya.
            Matahari sore terlihat begitu indah dari kaca jendelaku. Tiga jam sudah aku menghabiskan waktu bersama desy. Beberapa bulan lagi kedepan kita sudah harus menghadapi sidang skripsi. Semoga kita bisa lulus bersamaan dengan yang lain.
“tok..tok” suara ketukan dari pintu kamarku..
“siapa?”
Wajah kakaku mengintip dari celah pintu yang sedikit dibukanya.
“ka satria...” aku menghampirinya dan mencium tangannya.
“masih sibuk?... kata ibu kamu lagi ngerjain skripsi jadi kaka ga ganggu”
“iya ka.. tuh temen jeni malah tidur lagi”
“mau kue?”
“kaka bawa kue apa?” tanyaku kemudian mengikuti langkah kaki ka satria.
            Ka satria membawakan banyak oleh-oleh untukku dan kedua orang tuaku. dia juga memberikan ku ponsel baru dengan sistem operasi google phone.
            Hari ini ka satria tidak bisa menginap karena dia harus pergi dinas lagi ke luar jawa. Kali ini pergi ke kalimantan. Pekerjaan nya benar-benar membuatnya sibuk dan jarang sekali dirumah. Aku bangga dengan dia. Meski sangat sibuk dia masih meluangkan waktu untuk bersama dengan keluarga. Berharap nanti ketika aku seperti ka satria, aku juga bisa membagi waktu sebaik mungkin atau calon suamiku nanti.
“kaka denger kamu lagi deket sama dosen kamu ya?, itu siapa namanya ayah?”
“neo sat...”
            Aku sedikit malu, diluar sepengetahuanku ayah, ibu, dan satria ternyata membicarakan ka neo.
“kaya nya kaka agak kenal deh”
“eh! Ko bisa”
“ya.. ga sengaja gitu, kan kayanya. Masih belum pasti”
“hmmm”
“kapan-kapan kalo kaka lagi dirumah suruh kerumah aja”
“iya ka... tapi kan kaka sekarang ga bisa.. kaka kan mau ke kalimantan ntar malem”
“iya.. kalo kaka pulang lagi deh. Soalnya kaka kangen juga kalo misal itu bener temen yang kaka kenal”
“oke”
“kayaknya sih, kalo neo serius sat..”
“iiih ibu apa-apaan sih..” malu
“nanti kalo jeni ngedahuluin kamu gimana nih?, gapapa kan?”
“ii ibu...”
“gapapa lah bu.. jeni kan perempuan. Kalo aku masih boleh bebas.”
“kalo bapak sih terserah jeni aja. yang penting yang bener. Jangan yang main-main”
“iii... ayah sama ibu udah berasa jeni kaya mau nikah besok aja deh”
“ga kerasa loh nanti jen.. kalo kamu udah punya anak kamu pasti ngerasainnya..”
“njiih bu...” ucapku sopan dengan logat jawa.
“bapak maunya paling ga, kamu selesein kuliahmu dulu”
“ayah.. aku belum dilamar ko...”
“bapak sama ibu kalo ketemu sama neo itu rasanya udah kayak kamu mau dibawa pergi aja sama dia
“iii itumah ayah ma ibu aja yang lebay..”

“hha ha ha” kakakku tertawa kesenangan.

0 komentar:

Posting Komentar