20 Jan 2015

BERANI (chapter 11 Novel 'sabtu yang kutunggu')

Setiap sabtu, dimana ka neo mengajar disana riri berada. Aku sering sekali melihatnya. Selama tiga kali pertemuan ka neo di mata kuliahku, aku melihat riri yang menyapanya dari balik kaca pintu. Belajar dari pengalamanku sebelumya. Aku tidak mau terbakar emosi. Belajar untuk lebih sabar dan percaya lagi.
“itu siapa si jen?”
“kayanya udah berapa kali gue liat dia nyapa-nyapa Pak Neo kalo lagi ngajar deh”
“iya.. kalo ga senyum-senyum ga jelas gitu?”
Vidi, desy, dan puspa menanyaiku. Mengingat aku memiliki hubungan dengan Ka Neo.
“temen ka neo” aku menjawab singkat. Kembali memperhatikan materi yang ka neo jelaskan dari layar proyektor.
“yakin Cuma temen?, gue ngerasanya dia kaya kecentilan gitu” puspa menyelidik.
“perasan lu aja kali”
“eh!” vidi berujar seperti kaget.
“kenapa?” aku, desy, dan puspa bersamaan. Takut terjadi sesuatu dengan vidi.
“bayinya nendang”
“waaa.....”
Aku, desy, dan puspa bergantian menempelkan telinga kami di perut vidi. Sibuk sendiri.
“haloooo....” Ka Neo mengetuk penghapus di papan tulis beberapa kali. Meminta kami memperhatikannya.
“maaf Pa” aku berujar lirih.
“kalau kalian tidak mau mendengarkan penjelasan atau mengikuti mata kuliah Bapak, kalian cukup keluar kelas.”
Semakin kesini aku merasa sikap ka neo semakin dingin kepadaku. Semenjak pertemuan kami dengan riri.
“cowo lu kenapa si jen?” desy sedikit kesal melihat perlakuan Ka Neo di kelas kepadaku.
“bukan cowo gue”
“ yaa apa aja deh.. dia kenapa?”
nggak tau dan nggak ada urusan”
“kayanya lu lagi ada masalah ya?” puspa menghentikan makannya dan memandangiku.
“ssttt... jangan sampe vidi tau, kasian dia lagi hamil, ada malah stress” aku melihat vidi yang dapang menghampiri kami setelah keluar dari toilet.
“hayoo ngomongin gue ya?” dia datang dengan mengelus perutnya.
“hhaha.. pede bingit nih Bumil”
“apa tuh bumil?”
“ibu hamil..”
“hhahaha”
“eh.. serius nih.. ngomongin gue ya barusan” vidi masih penasaran.
“vidi penasaran banget dah. Orang kita lagi mikir-mikir debay lu cewe apa cowo.. bukan elunya”
“hhahaha sama aja keles”
“beda.. kan kita ngomonginnya debay yang diperut lu”
“ih. Maksa banget deh”
“trus-trus kata dokter cewe apa cowo?”
“katanya si cowo”
“kapan terakhir lu ke dokter?”
“baru kemarin, si sertu mah bener-bener. Kenapa-kenapa sedikit langsung ke dokter”
“wiiidiiih sertu... bukan main... seneng dong lu nya”
“gue ga nyesel beneran nikah muda, sama dia lagi. Dia bener-bener pengertian. Malem-malem kalo gue bangun, dia bangun. Kalo gue pengen makan apa mau itu tengah malem, dia pasti nyariin. Setiap pagi .. pasti udah ada susu sama roti di meja. Gue kalah bangun mulu. Padahal tidur duluan terus. Urusan rumah aja kadangan dia yang ngurusin.”
“waaa senengnya..”
“banget.. makanya gue nambah-nambah nambah terus sayang nya..”
“tapi jangan keterusan dia terus juga vidi”
“ya ga lah puspa.. kalo gue bisa, gue pasti lakuin sendiri”
“siiip”
“eh iya.. nanti temenin gue hunting baju-baju bayi mau ga?”
“mau-mau-mau” aku, desi, dan puspa kembali menjawab kompak. Ini keberapa kalinya kami menjawab berbarengan.
“eh.. yakin lu gapapa jen?” desy ingat hari ini biasanya aku pergi dengan ka neo.
“gapapa... gue juga kan pengen ngabisin waktu sama lu pada. Jarang-jarang juga kan”
“mending lu bilang dulu deh” vidi mengingatkan.
“iya..” aku mengambil ponselku dan mengirim sebuah pesan singkat kepada ka neo. Menutupnya dan menaruhnya kembali ke tas.
“cepet banget” vidi keheranan.
“emang mau nulis apaan lagi?”
“yaa kan biasanya mikir dulu”
“itu mah si puspa.. kalo jawab sms lama banget”
“eh! Eh! Itu dulu ya.. sekarang kan udah engga” puspa protes.
“ya tetep aja...”

            Kami tetap kece berempat, mengitari pertokoan yang ada di salah satu mal, dengan salah satu perut yang sudah membelendung diantara kami. Bukan lagi menatapi baju-baju fashion melainkan baju-baju bayi.
“di.. liat deh.. ini lucu..”puspa menjembrengkan sebuah baju tidur berwarna pink
“pus.. anak gue cowo loh, bukan cewe”
“iii.. ntar kan jadinya cowo cutit”
“lucu si pink.. tapi cariin yang warna biru aja”
“mang lu yakin kalo anak lu cowo?”
“yakin ga yakin, kan itu menurut perkiraan Dokter”
“dokter bisa aja salah di”
“iya... yaudah de.. pilih warna yang ke cewe bisa cowo bisa”
Sementara desy dan puspa mengobrak-abrik toko yang kami masuki, aku duduk menemani vidi.
“gimana rasanya mau jadi Ibu di?” aku mengusap-usap perutnya.
“banyak jen... seneng banget... bersyukur... setiap jalan jadi hati-hati takut debay kenapa-napa. Ngapa-ngapain juga jadi serba pelan. Jadi banyak tidur sama minta dimanja”
“kalo minta manja kayanya kepengenan lu doank deh di?”
“hhaha.. ya ada kepengenan guenya ada kepengenan debay nya..”
“daasaaar”
“lu sendiri gimana hubungan lu ma Pak Neo?, baik-baik aja kan?”
“baik ko.. tenang aja lagi”
“trus kapan gue dapet undangan nih?”
“wahh kalo itu belum tau deh di..”
“mang belum ada planning?”
“planing ada, tapi kan semua bukan berdasarkan kita juga”
“iya sih.. ya jalanin aja.. gue berdoa yang terbaik aja buat lu jen”
“iya.. makasih ya”
sama-sama jeni”
“di... lu udah beli kereta dorong belum?, liat deh.. ini lucu banget..” desy membawakan kereta dorong kearah kami.
“belum si des...”
“mending lu prepare juga deh..”
“bentar deh, gue nelefon sertu dulu. Soalnya tadi gue udah janjian sama dia
“ye.. elu mah... yaudah deh lu tanya dulu”
            Aku berkeliling melihat-lihat perlengkapan bayi. Semuanya lucu dimataku. Membuat gemas dan ingin membeli banyak hal.
“jeni..” seseorang memanggil namaku. Jemi berdiri dengan memakai celemek penjaga toko.
“loh.. elu” aku tak percaya.
“hahaha” dia tersenyum agak malu.
“lu kerja disini”
“iya”
“ko bisa”
“ya bisa, emang kenapa?”
“cute banget. Gue kira ya lu kerjanya apaan gitu”
“ha ha ha.. gitu ya..”
“ga nyangka aja gue”
            Jemi bekerja di sebuah toko perlengkapan bayi. Lucu sekali aku melihatnya memakai celemek berwarna biru langit dan bertempelkan gambar-gambar kecil seperti beruang, panda, dan lain sebagainya.
            Aku memperkenalkannya dengan ketiga temanku. Terlebih utama vidi yang memang ingin membeli perlengkapan bayi. Aku pun meminta sarannya.
            Jemi tahu banyak tentang perlengkapan bayi, dari harganya yang paling murah sampai yang paling mahal, dia juga hafal betul dengan bahan-bahan yang baik dan bagus untuk bayi. Bukan hanya perlengkapan bayi, dia juga memberikan banyak masukan untuk vidi yang baru pertama kali ini akan memiliki bayi.
            Dari susu, cara menggendong, cara memandikan bayi. Tanda-tanda bayi sakit dan lain sebagainya.
            Desy yang mengenal jemi hari itu langsung terpukau dan terlihat dia menyukainya. Desy tak sekalipun pergi meninggalkan jemi dan mengikutinya kemanapun dia pergi.
“wa.. makasih banyak ya jem.. ketolong gue ma lu., jadi ada kursusnya juga”
Aku mendorong kereta belanjaan vidi. Vidi membeli banyak perlengkapan bayi. Sertu tidak mempermasalahkan kalau vidi membeli perlengkapan bayi tanpa ditemani dia.
“kalau perlu apa-apa atau ada yang ditanya, telefon gue aja” jemi menyodorkan kartu namanya kepada vidi. Desy merebutnya.
“ha ha ha..”
“ini..” jemi mengambil kartu namanya lagi dan memberikannya kepada vidi.
“thanks”
“jem.. thanks banget ya.. kalo gitu gue balik dulu”
“tunggu” dia menahan pundakku.
“boleh minta nomer telefon kamu?”
Desy terlihat cemberut sementara puspa dan vidi merasakan sesuatu yang aneh dari laki-laki yang baru dikenalnya. Aku memberikan nomer telefonku dan sekali lagi pamit.
“kayanya dia punya rasa sama lu jen” puspa menyenggol lenganku.
“yah.. jeni lagi...” desy putus asa.
“jangan mikir yang aneh-aneh”
“siapa yang mikir aneh-aneh. Biasanya cowo kalo kayak gitu pasti ada something” vidi ikut menimpali.
“pertama ka neo.. sekarang jemi, perasaan cowo yang naksir lu keren-keren banget, eh yang sekarang cutit deh”
“apaan si pus, ga jelas deh”
“ya... just comment.. just comment”
“jeni.. lu kan udah ada ka neo.. mending yang ini lu comblangin ke gue”
“gue males comblang-comblangan des”
“ngarep yaaa..”
“iii desi.. apaan si..”
“kan lu udah sama ka neo”
“kan belum tentu des” aku keceplosan.
“belum tentu gimana?” vidi mengernyitkan kening.
“ya.. ya belum tentu kan.. kan jodoh ga ada yang tau” aku berusaha menghindar.
“tapikan hubungan kamu sama dia udah sampe tahap bilang mau nikahin”
“kan belum tentu vidi.. semuanya bisa berubah.. ya kan?”
“hmm”
“lagi pula kita kan belum terikat apa-apa”
“iya juga sih...”
“cie jeni... jadi sekarang ada pilihan nih” puspa kembali menyenggol lenganku
“ih apaan si, aku masih ke ka neo ko”
“tuuuh kaan ngaku”
“udah jalanin aja” aku menutup pembicaraan.
           
            Baru sampai rumah dan baru menyalakan ponselku. Sengaja kumatikan.tak lama sebuah pesan whatsap dari ka neo masuk.
Gpp.. kamu have fun ya sama sahabat-sahabat kamu... J                                                         16.45
Salam buat mereka                                         16.45
Kamu pulang jam berapa?                             16.45
Kamu sudah pulang?                                      19.25
Hp kamu mati, kamu juga ga ada kabar        19.50
Aku dilapangan basket yang biasa sama temen-temen aku                                                               19.55
Mau aku jemput?                                            19.55
Ada riri disini                                                  19.55
Kamu sudah pulang?                                      20.20
Kabari aku kalau sudah sampai rumah          20.45
            Lima kali panggilan masuk dari ka neo dan sebuah pesan sms yang kubiarkan begitu saja. Melemparkan ponselku jauh ke tempat tidur.
Riri lagi.. riri lagi... aku bosan. Semenjak itu selalu ada dia. Dimana pun. Ditempat-tempat dimana aku bersama dengan ka neo. Ka neo.. apa kamu tidak merasakannya. Aku cemburu.
Aku sama sekali ga suka kamu deket-deket sama riri.
            Jam sembilan lewat sepuluh menit. Aku mengambil ponselku dan bersiap pergi lagi. “ayah.. ibu.. aku kelapangan” mengeluarkan sepeda motor dan terburu-buru pergi.
            Aku begitu bodoh harus terhasut perasaanku sendiri. Perasaan cemburu itu pasti ada tapi dengan aku mengabaikannya berarti aku membiarkannya begitu saja. Aku tidak mau membiarkannya begitu saja kemudian hilang seperti tak pernah terjadi apa-apa. Aku percaya ka neo. Dia tidak mungkin menyakitiku. Dia pasti menjaga hubunganku dengan dia. Sama seperti janji dia akan menikahiku setelah aku lulus nanti.
“ckreek” suara pintu yang kubuka tidak terdengar oleh mereka. Berdiri di depan pintu dan memperhatikan ka neo yang sedang bertanding dengan teman-temannya. Hanya ada beberapa penonton disana. Keringat mengalir deras diwajahnya, dibadannya. Wajahnya datar seperti memikirkan sesuatu, tidak fokus dengan pertandingan.
“Game Set...” tim ka neo kalah. Riri berlari kearahnya membawa botol minuman dan handuk. Ka neo tidak begitu memperhatikannya.
            Meski di dadaku terasa ada api yang membara aku memberanikan diri berjalan mendekatinya. “ ka neo..” menyapanya dengan senyuman sebisaku.
“jeni...”
“ini..” aku memberikannya botol minumanku.
Dia langsung mengambilnya dan meminumnya. Mengelus kepalaku “terima kasih..”
“sama-sama..” aku menggandeng tangannya, menoleh kebelakang. Meski tak mengatakan sepatah katapun berharap riri sadar apa yang kutunjukan kepadanya.
“kenapa?” aku menanyainya
“ga ada kamu jen.. makanya dia ga semangat” ega berteriak dari ujung lapangan.
“ha ha ha” ka neo akhirnya tersenyum. Wajahnya tidak lagi kusam ataupun sedih.
“habis ini kita makan ya” ajaknya
“hanya berdua” dia membisikkannya di telingaku.
“hum” mengangguk setuju.
            Aku tidak begitu memperhatikan kemana riri pergi. Dia sudah tidak ada dilapangan. Aku hanya ingin menunjukkan kepadanya bahwa cerita tentang dia dan ka neo sudah berakhir. saat ini ka neo sedang membuat ceritanya dengan ku. Meski kalian memiliki kenangan tapi aku memiliki rancangan masa depan dengan ka neo. Itu tidak bisa dipungkiri. Aku tidak mau kalah oleh perasaan kenangan kalian. Tidak mau kalah.
“aaa...” menyuapi ka neo. Ka neo membuka mulutnya, senang sekali kuperlakukan manja.
Duduk bersampingan dengan kaki saling berselonjor di bawah meja.
“kayanya kamu lagi seneng banget” ka neo merapihkan poniku.
“ada deh..” aku senang sekali berhasil mengalahkan riri hari ini. Menunjukkan kekuatan pasangan didepannya. Memang hanya dugaan kalau dia sedang berusaha mendekati ka neo. Sebelum hal itu terjadi aku harus bisa membatasinya.
“aaa” kali ini ka neo menyuapiku.
“ehm.. uhuk uhuk” tersedak
“kamu kalo makan selesein dulu. Baru ngomong” mengambilkan segelas air dan memberikannya.
“makasii..”
“udaah.., mau cerita apa?”
“seneng banget ka, udah lama ga jalen barang desy, puspa, sama vidi”
“iya..waktu kamu abis mulu sama ka neo ya?” ka neo mendengarkannya dengan perhatian.
“dih, kata siapa?, jangan-jangan ka neo ngerasanya gitu?”
“ya enggalah.. cubit nih pipinya”
“jangan” aku menutup pipiku dengan kedua tanganku. Agak mencondongkan badan, menjauh dari ka neo.
“bercanda....” ka neo mengambil tanganku.
“kalau kita udah bareng, ka neo mau kita sering kaya gini, bercanda bareng, ketawa –ketiwi, cerita banyak hal, pagi-pagi ada yang nemenin kaka joging, sarapan, setiap hari”
“kaka gimana.. kalau kita udah nikah.. ya pasti aku bareng sama kaka terus kan. Malahan kaka bisa-bisa bosen, aku yang cerewet, ga bisa masak, ga jago beresin rumah,..”
“yang tidur ngorok sama ngiler” ka neo melanjutkan
“itu mah kaka..”
“masa?”
“iya..”
“kamu kali..”
“iii cubit nih”

            Kami merangkai banyak hal di masa depan kita. Dari merancang tema pernikahan sampai obrolan tentang bayi. 

0 komentar:

Posting Komentar