20 Jan 2015

BIJAK (chapter 6 Novel 'Sabtu yang kutunggu')

Malam ini puspa dan desy menginap di rumahku. Aku heran kenapa vidi sama sekali ga dateng. Puspa dan desy bilang vidi pergi keluar kota, bandung, tempat yang biasa kami kunjungi berempat kalau kami sudah sangat terlalu bosan dengan kampus.
“aku aneh deh sama kalian. Kayak ada yang ditutup-tutupin”
Desy dan puspa saling bertatapan satu sama lain. “aah engga ko.. perasaan lu aja kali” puspa paling ga bisa bohong.
“vidi udah berapa hari ini juga ga dateng nengokin aku. Pas aku pulang juga ga dateng. Pas kalian nginep dia juga ga ada. Kenapa sih?”
“ga ada apa-apa jen.. perasaan lu aja”
Terlihat sekali puspa sama sekali ga bisa berbohong.
“puspa...”
“aaaaaaaa gue takut, nanti kalo bilang ada malah diomelin desy” puspa memelukku
“desy?”
“eeh jangan salah paham. Ah elu pus”
“tuh kan.. kalian ada yang ditutupin. Ayo ngaku apaan?”
“jadi gini jen...”
“yaaaa” aku menunggu penjelasan desy.
“lu inget ga sih yang waktu gue nelefon lu yang jadinya lu malah kecelakaan”
“inget”
“maaf..”  desy tidak enak
“udah jangan dibahas lagi yang itu. Jadi..” aku meminta penjelasan desy.
“jadi.. waktu itu gue bilang kan. Kalo vidi bilang gitu-gitu segala macem”
“iya..” aku mulai uring-uringan karena desy cerita putus-putus.
“udah gue aja deh yang jelasin” puspa meminta persetujuan desy.
“yaudah lu aja yang ngomong”
“jadi gini jen.. waktu lu yang ditelefon desy. Yang desy bilang kalo vidi update status di sosmed. Itu berita sempet beberapa menit nyebar. Lu tau sendiri kan gimana cepetnya berita nyebar kalo udah di sosmed. Trus pas desy denger suara tabrakan gitu. Dia tuh langsung panik. Dia langsung nelefon gue. Gue sendiri kan ga tau lu tuh beneran kecelakaan atau engga. Jadinya gue nelefon vidi suruh dia ngecek daerah deket-deket rumah dia. Vidi yang nemuin lu kecelakaan jen. Dia langsung bawa lu kerumah sakit. Ngehubungin nyokap bokap lu, gue sama desy. Bisa dibilang dia keliatan trauma banget. Posisinya lu sama dia itu baru aja abis berantem. Tapi tau-tau lu udah baring gitu keluar darah dimana-mana. Gue sendiri sebenernya kalo dibilang kesel sama vidi ada, tapi gue juga ga bisa nyalahin dia sepenuhnya. Nah.. masalahnya itu sama apa yang vidi update di sosmed. Berita lu sama Pak Neo itu nyebar di kampus. Dia itu saking blank nya udah ga kepikiran kemana-mana. Baru pas lu udah sadar dia baru nyadar. Jadilah dia sama Pak Neo dipanggil rektor”
“dipanggil rektor?”
“iya jen.. gara-gara sikap vidi yang gitu jadi banyak temen-temen kita yang ngira lu tuh gimana-gimana”
“trus?”
“untungnya vidi udah hapus status dia, trus dia juga udah selesaiin masalah yang di sosmednya. Dia minta maaf sama semuanya termasuk sama ka neo dan juga pihak kampus.”
“dia ga di DO kan?”
“engga si. Ga di DO. Tapi dia di skors sebulan.”
“sebulan?”
“iya.. dia di skors sebulan yang artinya dia ga bisa lulus bareng kita tahun ini”
“ka neo?”
“Pak Neo diskors seminggu. Pa Rektor ga nyalahin dia Cuma nyari jalan pintas aja biar kampus juga agak tenang sedikit lah, secara kan Pak Neo dosen, citra dosen. Soalnya gosipnya tuh bener-bener ga enak. Gue aja kesel banget kalo ada orang yang ngatain lu ga bener. Gue langsung labrak tuh orang. Vidi aja yang waktu itu mau langsung pulang malah berantem dulu gara-gara dia ngelabrak cewe yang ngatain lu ga bener. Ruwet deh jadinya”
“hmmm trus vidi sekarang ke bandung?”
“gue sama desy sebenernya udah maafin dia tapi kita masih diem. Serba salah juga. Gue bingung harus gimana ke dia. Dia juga yang nyalahin diri dia banget-banget”
“harusnya lu  semua jangan mikirin dan mentingin gue doang, tapi ke vidi juga. Gue ga ada masalah sama vidi. Gue tuh gapapa. Malah gue takut dia kesepian. Lu semua kan tahu kalo dia tuh sendirian disini
“iya jen..”
“yaudah. Semoga ini jadi pelajaran buat vidi. Biar kedepannya dia lebih baik lagi”

            Seminggu lebih aku ga pergi ke kampus. Berasa hari pertama kuliah. Balik lagi ke hari-hari ospek waktu awal kuliah. Aku berangkat kuliah dengan tangan yang masih diperban yang berisi coretan gambar anime yang dibuat fasya.
“pagii.....” aku menyapa teman-temanku dengan senyum lebar dengan desy dan puspa disampingku.
“jeni.. lu udah sembuh”
“pagi jen”
Teman-temanku lantas mengerubungiku. Mereka meminta maaf karena sama sekali tidak sempat menengokku.
“gapapa ko. Woles aja lagi... yang penting gue nyontek”
“yah elu jen.. speak doank lu mah”
            Vidi benar-benar tidak datang. Satu bulan, artinya dia nggak bisa ikut praktikum. Jadwal praktikum dua kali ga masuk udah pasti ngulang tahun depan.
“skors nya Pak Neo udah abis kan ya?” aku bertanya kepada desy dan juga puspa.
“udah kok. Eh tunggu dulu deh” desy melirik jahil
“sebenernya lu sama Pak Neo ada hubungan apa sih?” puspa dan desy mulai menyelidikiku.
“ssst.. jangan kenceng-kenceng ngomongnya” berharap tidak ada teman-temanku yang lain yang mendengarnya.
“curang nih.. yang dikasih tau Cuma vidi doank” puspa protes.
“ha ha ha.. lagian kaya lu berdua ga kenal vidi aja. gue cerita ke vidi juga ujung-ujungnya nyampe ke lu berdua kan?”
“iya nyampe.. tapi nyampenya malah yang ga enak dulu”
“iya udah-udah jangan dibahas lagi lah.. jadi mau tau ga gue ma ka neo gimana?”
“iya cerita....”
“jadian ya?” desy menebak.
“engga”
“lah.. trus apa donk?”
“duh.. gue juga sebenenya bingung kalo ditanya gini. Gue masih ga tau hubungan gue ma dia tuh apa”
“ko bisa?”
“ya bisa. Tapi intinya gue sama dia deket. Udah itu aja. oke”
“hmmm gitu”
“udah-udah.. nanti Pak Neo dateng lagi”
            Tak lama kemudian seperti yang baru saja kuucapkan. Ka neo datang memasuki kelas kami. Hari ini dia membawa leptop yang dia teteng ditangannya. Tidak seperti biasanya.
“sore anak-anak. Hari ini Bapak ingin menunjukkan sebuah video tentang fiber optic dan beberapa video lain. Kita belajar dari video saja hari ini”
            Ka Neo meminta ketua kelas mengambil kunci proyektor di ruangan sekdos. Dia mengambil bolpoin yang dikaitkannya di saku kemeja. Biasanya setiap perkuliahan ka neo selalu meminjam bolpoinku. Sedikit merasa kehilangan.
“Bapak absen ya” ka neo mulai mengabsen kami satu persatu. Dia juga tidak mencandaiku lagi. Meski suasana kelas tetap gaduh, tetap menyenangkan, tetap ribut, tapi aku merasa ada sesuatu yang hilang. Beberapa teman sekelasku sama sekali tidak ada yang berani menggosipkan atau berfikir buruk tentang ka neo ataupun aku.

“jen.. lu pulang bareng gue aja gimana?” desy menawari tumpangan dimobilnya.
“jeni pulang sama bapak aja” ka neo sudah menyelusup diantara kami bertiga.
“eh.. Bapak”
“Bapak ijin bawa jeni ya” ka neo meminta ijin kepada dua sahabatku.
“oke deh Pa kalo gitu. Titip jeni ya..”
Merasa serba salah, tau gitu tadi aku ikut desy aja, agak sedikit sebal karena perubahan sikap ka neo.
“ayo” ka neo mengajakku masuk ke mobilnya. Kali ini lebih ekstrem karena sikon kampus yang masih banyak sekali orang-orang yang aku kenal bahkan hampir semuanya memandangi kami berdua.
Mati gue, batinku dalam hati.
“kenapa jen?”
“gapapa ka”
“malu? Atau takut digosipin?” menebak kekhawatiranku.
“ Ka neo ga takut?”
“kenapa mesti takut. Kaka kan punya hak. Sama-sama manusia juga. Masa karena kita dosen dan mahasiswa trus dilarang hubungan”
            Aku diam. Sepanjang perjalanan aku tidak ingin menatap ka neo ataupun mengajak nya bicara. Seakan tahu apa yang kuinginkan, ka neo juga tidak mengajakku bicara.
            Aku tidak begitu mengerti apa hubunganku dengan ka neo. Apa aku yang tidak bisa tegas atau memang hubungan yang hanya sekedar. Aku sadar betul perasaanku mulai tumbuh kepadanya. Aku tidak ingin hanya menjadi sekedar teman atau sahabat. Aku ingin memiliki hubungan yang lebih dari itu. Mengenalmu, dekat denganmu, membuatku semakin egois ka.
“jen?” ka neo memanggilku.
Aku menoleh kearahnya. Wajahnya serius sekali.
“kaka pengen ngenalin seseorang ke kamu, kita ke bandara dulu gapapa?”
Aku mengangguk setuju.
            Kaki ka neo berjalan cepat, aku hampir tertinggal jauh darinya. Kulihat dari kejauhan seorang wanita yang sangat cantik berdiri disana. Ka neo terlihat bahagia sekali.
            Deg.. deg.. deg.. aku bisa merasakan detak jantungku yang semakin kencang. Siapa dia? Siapa dia?, pertanyaan itu terngiang-ngiang di kepalaku. Aku tidak ingin pergi kesana. Aku tidak mau bertemu wanita itu. Aku takut kecemasanku menjadi nyata.
“sini..” ka neo memanggilku. Wanita itu tersenyum cantik kepadaku. Tanpa dia tersenyum dia sudah sangat cantik. Jauh sekali denganku. Tingginya juga tidak berbeda jauh dari ka neo.
“kenalin.. ini hana” ka neo memperkenalkan
“jeni..”
“hana”
Aku dan dia saling bersalaman.
“oh.. ini yang suka kamu ceritain ka?” hana menanyai ka neo. Dia memanggilnya dengan panggilan ka, sama sepertiku.
“iya na..ini jeni..”
“cantik sekali” ucap hana sopan
“harusnya aku yang bilang begitu ke kamu. Kamu cantik banget” aku balik mengomentarinya.
“yah.. kita belum sempet ngobrol.. maafin aku ya.. aku harus berangkat sekarang. Kalo aku ke indonesia lagi kita ngobrol ya..” dia lantas langsung memelukku tanpa kuminta.
Aku pendek sekali, huhuhu... menangis dalam hati.
“aku berangkat ya ka..” hana menarik tangan ka neo dan membisikkan sesuatu ditelinganya.
“sip..” ucap ka neo memberikan jempol kepada hana.

            Aku tidak mau menduga-duga apa yang ka neo bicarakan dengan hana. Pesawat hana sudah dilangit. Aku dan ka neo masih diam memandanginya. “ayo pulang” ajaknya kemudian.

0 komentar:

Posting Komentar