20 Jan 2015

BOLPOIN (chapter 1 novel 'Sabtu yang kutunggu)

“Ah! bete banget gue. Suer dah” ini kedua kalinya setiap mata kuliah Pak Neo aku dibuli habis-habisan. Entah karena telat masuk atau hanya karena memakai jaket cowo.
“ya... lagian lu ngapain juga pake jaket cowo, biar keren?
“ini tuh jaket kaka gue, gue suka aja sama benda-benda yang dia pake. Eh.. malah dibahas”, “tuh... yang cowo.. liat jaket yang dipake Jeni, itu baru jaket, bermerk, bagus, baru.. macho. Jadi kalian kalo mau deketin jeni. Pake dulu barang-barang yang bermerk” aku mencoba meniru suara Pak Neo, kesal sekali dengannya. Seakan-akan aku ini wanita matre.
“hahaha...” teman-temanku tertawa riang melihatku yang meniru-niru gaya Pak Neo.
“udah nanti tau-tau an Pak Neo lewat loh. Emang lu ga malu”
ngga tuh!!” barusaja aku menjawab pertanyaan Vidi. Pak Neo sudah berjalan di depan kami. Dari wajahnya terlihat sekali dia mencoba menahan tawa. Dia lewat dengan memberikan sebuah senyuman aneh kepada kami.
OMG, mimpi apa gue semalem. Udah tadi kena ledek sekarang Pak Neo lewat depan muka persis. Udah pasti tadi liat kan.
Aku dan teman-temanku langsung kabur pergi ke kantin. Takut kalau sampai berpapasan lagi dengan Pak Neo.
“hahahha... jeni.. jeni... baru juga gue tegor. Eh orang nya udah lewat depan muka langsung”
“seneng banget lu pada ketawanya. Seneng ye liat gue mati kutu”
“tapi Pak Neo emang masuk kategori ganteng sih” celetuk desi.
“iya.. udah gitu dewasa lagi. Udah gitu S2 nya diperancis lagi. Udah gitu S1 nya dua title. Eh sekarang lagi mikirin mau S3 dimana.... wah.. laki-laki idaman banget itu” Puspa berbicara dengan gayanya sendiri.
“woo.... bilang aja lu ngarep” ucap Aku dan Vidi berbarengan.
“hahhaha... ga ngarep-ngarep banget juga sih, tapi bolehlah”
“hahahaha”
            Istirahat terasa begitu cepat. Kami sudah kembali kedalam kelas kami. Usai pelajaran Pak Neo, sekarang pelajaran Pak Kiki. Tingkat empat ini hampir semua dosen yang membimbing kami masih termasuk kalangan muda. Dari Pak Neo, Pak Kiki kaka senior asisten lab kami sendiri, Pak Wayang, Bu Lala, Bu Nisa, banyak sekali dosen muda yang mengajar adik kelasnya sendiri.
            Kami masih asyik dengan obrolan kami sendiri sampai akhirnya Pak Neo kembali masuk ke kelas. “Pak, kok Bapak lagi” Teguh ketua kelas langsung bertanya.
“Kebetulan Pak Kiki berhalangan hadir dan kebetulan juga Pak Kiki menitipkan tugas ke Bapak. Jadi dua jam ini Bapak lagi yang ngisi jam kalian. Kalian ga bosen kan?”
“wah.. ada malah seru pa” teman-temanku bersemangat.
“dia lagi.. haha betah dah ini mata gue” Puspa berceloteh lirih.
“huu..” Desi membalasnya.
Aku sudah tidak mau berkomentar apa-apa. Setelah sebelumnya kena buli, lalu Pak Neo yang melihatku di koridor, yang ada kalau aku sampe kena lagi, aku bener-bener nyari masalah.
            Salah satu hobiku dari kecil adalah mengoleksi bolpoin-bolpoin lucu. Hampir setiap hari aku menggunakan bolpoin-bolpoin yang berbeda. Hal itu juga tidak lepas dari pengawasan Pak Neo.
“Jeni.. bapak pinjem bolpoinnya boleh”
“jiahhahaha.. jeni lagi...”
“cieh jeni..” teman-temanku senang sekali.
“Bapak lihat kamu tiap pertemuan Bapak gonta-ganti bolpoin. Eh baru tadi kamu pake Bolpoin gambar Jet, sesuai sama jaket yang kamu pake. Sekarang jaketnya dilepas kamu pake bolpoin gambar panda, pas kayak baju yang kamu pake sekarang”
“hhe..” aku tidak tahu lagi harus berekspresi apa.
Sudah pasti aku menjadi sasaran empuk teman-temanku lagi.
Suasana kelas kembali heboh. Setiap mata kuliah Pak Neo. Kami hampir tidak pernah bisa diam. Dari caranya mengajar yang tenang namun jelas. Membuat kami semakin kagum dengannya. Dia juga tidak sombong dan mau menerima masukan dari kami.
“Balik ya.. sudah-sudah. Kasihan. Jeni terus..”
“gapapa pa..” vidi menjawab ucapan Pak Neo.
“vid, lu apa-apaan dah” aku protes.
“hahaha.. abisnya asik liat lu di buli”
“ye.., awas lu ya” kami asik berbisik-bisik.
“Vidi.. Jeni.. sudah bisik-bisiknya?” “apa sekarang ganti vidi aja?”
“jangan pak.. jangan.. udah jeni aja”
“Jadi, Hari ini kalau tidak salah Pak Kiki itu kan mengajar mata kuliah Pemrograman Jaringan Lanjut. Nah.. Pak Kiki mau kalian buat sebuah contoh sistem jaringan. Entah itu Jaringan Kampus atau Warnet terserah. Kelompok pastinya. Satu kelompok lima orang. Dikirim paling lambat jam 11.59 malam ini. Itu aja tugas Pak Kiki. Kelompoknya kalian buat sendiri. Terus kalau untuk softwarenya kata Pak Kiki bebas. Kalian boleh pake Paket Tracer atau Cisco atau yang lainnya, jelas kan?”
“itu boleh searching kan Pak?”
“boleh.. bebas”
“Sembari kalian searching, ngerjain, atau ngobrol. Bapak absen ya”
Pak Neo mengabsen kami satu persatu. Aku bisa mengira-ngira kenapa Pak Neo selalu memanggil nama kami satu persatu. Absensi menurut dia pasti penting. Terserah kita dikelas mendengarkannya atau tidak. namun dengan kita datang saja. Itu sudah merupakan kesadaran diri, kalau kehadiran itu penting.
“kalau kalian ada pertanyaan jangan segen tanya ke Bapak”

            Empat jam kelas kami diajar oleh Pak Neo. Kuakui, sama sekali tidak membosankan. Bahkan dengan dia sebagai pembimbing menumbuhkan niat kami belajar. Sangat pintar dalam bergaul dan membaur dengan kami.
“jen.. lu pulang sama siapa?” vidi meneriaki ku dari lapangan parkir. Dia menunggu pacarnya yang sedang mengeluarkan motor.
“gue gampang nanti”
“yaudah.. malem biasa ya...”
“oke...”
            Jarak dari kampus sampai ke jalan raya cukup untuk membuatku berolahraga sejenak. Aku selalu suka melihat pemandangan sore. Udara yang sudah tidak begitu pengap, lalu lalang sepeda motor yang mulai jarang, segar, segar, segar..... fresh, tersenyum-senyum sendiri.
            Tiba-tiba sebuah mobil honda jazz berhenti di depanku. Aku sama sekali tidak kenal dengan mobil ini. Kaca mobil diturunkan dan kulihat Pak Neo didalamnya.
“Mau nebeng?” tawarnya..
“eh.. ga usah Pa.. bentar lagi juga sampe” aku malu sekali
“ayo naik..” Pak Neo menawariku lagi.
“beneran pa ga usah..”
“udah ga usah ga enak gitu. Ayo naik. Kalo kamu nggak naik yang ada nanti bikin macet”
Aku melihat beberapa kendaraan di belakang Pak Neo sudah menunggu. Tanpa pikir panjang aku masuk dan duduk disampingnya.
“pake seatbelt nya”
nggak usah pa.. kan bentar lagi sampe”
“di depan sana kan ada pos polisi. Kalo jam segini polisi pasti lagi pada keluar, yang ada nanti kena tilang
“iya...” aku menurutinya.
“ga bawa motor?”
“eh... ko bapak tau?” biasanya aku selalu membawa motor.
“kan parkirnya satu tempat”
“eh iya ya..” aku tidak tahu harus berkata apa selain itu. Seharusnya kan aku bisa tanya lebih banyak. Buat apa dia memerhatikanku, contohnya.
“rumah kamu dimana?”
“daerah pondok gede”
“wah.. satu arah dong, kalo gitu sekalian aja dianterin”
“jangan Pak.. aku nggak enak”
“wo..les” Pak Neo menggunakan bahasa gaul.
“o iya jeni.. kalo lagi diluar kampus bisa ga panggilnya ga usah pake Pak gitu, nama aja. kesannya tua banget”
“emm.. ga enak Pak
“tuh kan Pak lagi... emang saya keliatan tua banget yah?. Paling kita cuma beda empat atau lima tahunan. Ka atau mas kan bisa
“mm kalo gitu Ka aja deh..”
“nah.. gitu kan enak”
            Tak lama suara bedug maghrib terdengar menggema. “mampir solat dulu yuk” Ka Neo mengajakku solat. Dia memutar arah masuk kedalam parkiran sebuah mesjid.

“mau mampir?” ajak ka neo tiba-tiba di dalam mobil.
“kamu laper kan? Kita mampir makan di tempat kesukaan kaka” lagi-lagi ka neo memaksaku.
Aku hanya bisa pasrah mengikuti ajakannya. Secara aku nebeng mobil dia.
Kami tiba disebuah saung yang nyaman yang didalamnya ada pemandangan kolamnya. Ini pertama kalinya aku datang ke tempat ini dan baru tahu kalau ada tempat seperti ini disini.
Ka neo membayar semua makanan yang kumakan. Aku juga mulai merasa nyaman dan biasa untuk berada disampingnya.
“makasih ya ka.. buat hari ini” aku tersenyum mengucapkannya.
“iya.. kamu masuk.. udah jam sembilan juga. Nanti ibu kamu nyariin anak gadisnya malem mingguan ma siapa” ka neo meledekku.
“eeeh...” aku baru sadar kalo hari ini hari sabtu. Jadi.. tadi itu kebetulan atau emang udah direncanain?.
“kaka pulang ya..”
Kak neo pergi berlalu dengan mobilnya.
            Mendadak aku menjadi bingung dengan semua yang terjadi hari ini. Maksud semua ini apa?, Aku terus-terusan bertanya dalam hati.
Ga mungkin kalau ka neo suka sama aku, emang aku siapa. Ngaco aja kamu jeni. Tapi kalo beneran iya gimana?. Duuuuuh.... tenang jeni tenang... ini semua kan belum pasti. Lagipula itu dosen kamu. Yang biasa ngerjain kamu kalo di kampus. Jadi tenangin diri berfikir cerdas. Ga mungkin orang kaya ka neo suka sama orang biasa kaya aku. Oke!. Jangan jatuh cinta sama ka neo.
“drrrt” ponselku bergetar. Aku melihat nama yang muncul di layar. Vidi.
“halo..”
“jen.. lu kemana aja si?, tadi kan pulang kuliah gue udah bilang”
“sory sory vid.. tadi gue ... lu juga ga bakalan percaya kalo gue ceritain” terbata-bata. Bingung harus memulainya dari mana.
emang lu abis darimana?”
“gue tadi dianter ka neo pulang” aku berucap lirih.
“what????, serius lu?, demi apa?” vidi langsung menanyaiku dengan deretan pertanyaan.
“vid, jangan teriak juga.. kuping gue sakit nih”
“sory sory.. gue kaget. Sumpah ini tuh beneran berita yang hot banget buat gue”
“eits... ga boleh cerita. Just you and me. Inget, Atau kalo ga?”
“iya iya... just you and me.. gue janji gue ga bilang ke desy sama puspa”
“serius lu?, lu kan comel banget mulutnya. Makanya kadangan males gue cerita ke lu”
“yah jeni... jangan gitu dong... maafin gue.. gue kalo kelepasan suka ga sengaja”
“iya ga sengaja nya dipeliara. Itu yang bikin gue males”
“tapi kan gue ga sengajanya cuma ke desy ma puspa doank. Ke yang lain engga”
“iya.. untungnya ke mereka doank”
“jadi.. jadi... ceritain..” vidi berapi-api ingin mendengarnya dariku.

Sepanjang malam itu aku menghabiskan waktu di telefon dengan vidi. Bercerita banyak hal. Seharusnya malam ini vidi menginap dirumahku. Tapi karena aku yang tak juga pulang, jadi dia memutuskan tak jadi menginap dirumahku.

0 komentar:

Posting Komentar