20 Jan 2015

BANDUNG (chapter 7 Novel 'Sabtu yang kutunggu')

Ini sudah minggu ketiga dari masa skorsing vidi. Aku, desy, dan puspa berniat pergi ke vila keluarga vidi. Yang pasti tanpa memberitahunya. Selain karena rindu dengan vidi aku juga butuh udara segar. Semenjak sabtu itu, meski masih pulang bersama aku mulai menjaga jarak dengan ka neo. Tidak mau terlalu masuk ke dalam kehidupannya. Tidak mau larut dalam perasaanku sendiri.
            Kami bertiga pergi ke bandung menaiki kereta setelah itu dua kali naik angkutan umum dan berjalan kaki kurang lebih sepuluh menit. “akhirnya sampe” aku, desy, dan puspa sudah sangat begitu cape.
“jeniiiiii” dari lantai dua kulihat vidi berteriak. Bayangannya lantas hilang dan tahu-tahu sudah berlari ke arah kami.
“kalian ngapain kesini?, aaaa kaaangeeeen” dia langsung memeluk kami bertiga.
“nambah putih lu. Beku ya bu disini?” desy mengomentarinya.
“bukan beku lagi”
“ha ha ha” kami tertawa riang seperti tidak terjadi apa-apa sebelumnya.
            Vidi membantu kami masuk dan mengangkat beberapa barang bawaan kami.
“kalian pasti cape.. mbaa... mbaaa” vidi berteriak memanggil mba ipon.
“kenapa neng?” mba ipon datang dengan tergesa-gesa.
“mba.. biikinin makanan yang banyak ya... sama bawain air sekarang. Sahabat-sahabat aku pada mau nginep soalnya” vidi mengambil keputusan sendiri.
“huaaah.. huh.. huh... cape nya” puspa mengeloh. Meluruskan kakinya.
Aku menarik nafas panjang “segeeeeer”
“iyalah” jawab vidi.
“enak banget lu libur satu bulan...”
“gue kalo punya vila kaya gini kayanya gue udah ga mau balik lagi deh ke jakarta. Udah gue sini aja” puspa berceluteh sendiri.
“yaaa itu mah elu... makanya Tuhan adil”
“ha ha ha.. iya ya.. bisa ancur nanti kuliah gue. Ups” dia menutup mulutnya sendiri. Keceplosan.
“gapapa lagi pus”
“sory-sory.. gue ga sengaja beneran”
“slow men......” dia tidak sedikitpun marah, emosinya sudah tidak meledak-ledak seperti sebelumnya.
“jen.. maafin gue ya.. gue nyesel banget” dia meminta maaf kepadaku. Suara nya pelan.
“vidi.. gue kan udah bilang berkali-kali. Gapapa.. gue udah maafin lu. Lu itu kan udah kaya ade gue sendiri”
“trus kalo vidi ade, gue ma puspa apa dong?” desy protes.
“musuh” candaku.
“yaah tuh kan. Curang bingit dah kalian berdua”
“yaelah bercanda juga diseriusin. Kita kan sahabat selamanya” kami saling berpelukan.
            Rasanya sudah lama sekali moment-moment ini pergi. Baru kali ini kami bisa berempat bersenang-senang bersama lagi. Meski hanya tiga hari, pasti cukup mengurangi rasa kangen nya kita.
“lu pada nginep kan?”
“iya three days.. three days ulaallalalaaaa” puspa mengikuti gaya spongebob.
“tiga hari?, bukannya senen kalian ada kuliah?”
“libur neng.. makanya.. kalender tuh diliat. Lu tuh udah minggu terakhir disini. Jadi kita-kita kesini tuh sekalian jemput lu” desy mengingatkan.
“owh.. hahaha.. ga berasa deh.. gue bangun tidur, tidur ,bangun. Tidur”
“udah kaya lagunya mbah surip dong vid”
“ha ha ha..”
“ga sekalian aja rambutnya di buat gimbal?” puspa meledek
“yaa.. elu aja deh itu”
“ngomong-ngomong gue belum denger kelanjutan lu ma sertu, jadi gimana?”  sembari melepas jaketku.
Vidi menyunggingkan senyum simpul.
“yee ditanya malah ga dijawab” aku menyenggolnya. Duduk disampingnya.
“sertu ngelamar gue jen”
“APAAAAA?” kami bertiga tidak percaya mendengar kabar yang begitu mendadak.
“lamar?, serius?, demi apa lu?, kapan? Ko gue ga tau?” puspa terus saja menanyakan deretan pertanyaan bak wartawan.
“ssst... diem dulu. Gue cerita dulu” vidi meminta kami bertiga untuk diam.
Kami merapat duduk mengelilingi vidi. Vidi menoleh kearahku. “kenapa?” tanyaku bingung.
“waktu lu kecelakaan.”
“owh.. udah.. gapapa” vidi takut menyakitiku.
“disatu sisi gue sedih banget, muak banget ma diri gue sendiri, kesel, hancur, begooo banget, tapi disisi lain gue seneng” dia masih menatapku.
“tapi bukan seneng karena lu kecelakaan. Gue ga bisa seneng diatas penderitaan temen gue sendiri jen”
“iya gue ngerti vidi...”
“kertas yang dikasih sertu waktu itu emang isinya kertas biodata vega waktu dia kuliah di bandung. Bareng sama ada keterangan tanggal lahir plus tanggal mati. Tapi bingkisan yang dia kasih, didalemnya..”
“cincin”
“surat”
Desy dan puspa saling menebak.
“bukan cincin sama surat. Tapi data buat ngisi data diri ngajuin nikah, bagian dia udah dia isi. Hari itu juga dia nelefon gue. Dia nyuruh gue ngisi. Tadinya gue ga ngerti maksud dia apa. Tapi pas gue buka, gue ngerti”
“iii.. so sweet banget”
“ya kan..” vidi setuju dengan ucapanku.
“dia bilang dia pengen nikahin aku secepetnya”
“vidi, lu yakin mau nikah sebelum lulus kuliah?, udah gitu emang kerjaan sertu apaan?”
“sertu emang baru kerja part time si des”
“trus lu yakin gitu mau nikah sama cowo yang kerjaannya masih belum pasti?”
“kalo menurut gue ga masalah. Emang kenapa?, kalo tuh cowo beneran niat. Kenapa engga?” aku memberikan masukan.
“gue juga masih ragu”
“mending lu pikirin bener-bener deh. Okelah fine. Lu masih dapet bulanan dari nyokap bokap lu, tapi kalo lu udah nikah. Lu yakin lu masih dapetin itu semua?, lu belum lulus, belum pernah kerja, trus sertu juga baru pekerja part time. Ntar anak lu dikasih makan apa?”
Omongan puspa memang tidak sepenuhnya salah.
“jen...nasehatin donk. Biasanya kan lu yang paling dewasa diantara kita”
“sebenernya gue ga masalah si des”
“loh.. ko lu gitu sih, temen kita mau nikah loh, bukan pacaran lagi”
“iya..gue ngerti des. Tapi ga masalah kan. Kalo emang lu yakin lu mau nikah ma sertu kenapa ga?. Dan gue ngerasa banget sertu itu cowo baik-baik yang emang niatan serius sama lu. Kalo ga mana mungkin dia tahan sama sikap lu yang glamour, egois, yang menang sendiri. Udah lama kali dia ninggalin lu”
“ternyata sifat gue banyak buruknya ya..” dari masukanku hanya itu yang dipermasalahkan vidi.
“ye.. malah mikirin yang begituan” akau menyentil kepalanya.
“abis gue ngerasa banget. Banget-banget jahatnya sama lu jen. Gue bener-bener nyesel. Semenjak kejadian itu gue introspeksi diri. Gue ampe mikir kenapa lu gampang banget temenan ma siapa aja. tapi gue susah banget dapet temen. Temen yang bener-bener stay buat gue ya lu bertiga. Makanya gue ga mau kalo sampe gue keilangan lu bertiga”
“lu ga bakalan keilangan kita ko vidi” puspa memeluknya dari belakang.
            Rindunya kami dengan persahabatan kami yang sudah terjalin beberapa tahun terlampiaskan. Kami kembali saling mengerti satu sama lain.
“bintangnya indah banget” aku duduk diantara kayu pembatas.
“jangan duduk disitu ah jen.. bahaya.. ngeri gue ngeliatnya” dari arah kamar desy berteriak. Dia baru saja selesai mandi. Mengusap-usap rambutnya dengan handuk.
“nih” vidi menyodorkan secangkir kopi kepadaku.
“kenapa?” seakan mengerti apa yang kurasakan.
“gue lagi coba ngejauhin ka neo”
“gue yakin bukan gara-gara gosip”
“bukan”
“trus”
“ka neo kemarin ngenalin cewe yang namanya hana”
“sabar” gantian vidi yang menenangkanku.
“tau sih...gue sama ka neo juga bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Tapi rasanya nyakitin banget kalo emang ga ada apa-apa. Buat apa dia perhatiin aku selama ini?”
“kita itu lucu deh.. belum lama gue. Sekarang elu”
“ya... galau emang ga enak”
“hayoo ngobrolin apa?” desy dan puspa datang berbarengan. “tuh” ucap vidi lirik kepada desy dan puspa.
“udah si jen.. jangan kaya vidi kemaren deh. Lu sabar dulu. Kan belum tentu juga”
Desy menarikku turun dari pembatas kayu.
“iya..”
“kalian berdua tuh bener-bener deh. Aneh gue ngeliatnya. Kalo yang satu dapet kabar gembira yang satu kebalikannya. Kalo yang satunya lagi sedih yang satunya seneng. Bener-bener deh ah.. semoga gue sama desy ga gitu”
“ye.... sugesti.. sugesti” aku ngedumel sendiri.
            Ponsel vidi berbunyi dia mengangkatnya. Kami tau itu dari sertu. Sepertinya hubungan mereka semakin dekat dan semakin intens. Senang aku melihatnya.
Drrt.. ponselku bergetar. Sebuah whatsap masuk, dari ka neo. Puspa dan desy mengerti dan pergi meninggalkanku.
“enak yah yang udah pada punya pacar, gue kapan gue?” desy ngedumel sendiri.
“gue juga belum kali des” puspa ikut ngedumel sendiri.
Suara obrolan mereka sengaja diperkeras agar aku dan vidi mendengarnya. Membuat kami tersenyum karena lucu. Aku tahu mereka berdua ingin membuat kami senang dan bersyukur dengan apa yang kami rasakan sekarang.
Ga ada kabar. I’m worried about you , aku membaca whatsap ka neo. Update statusnya di whatsap membuatku bingung “why u must go?, really feel you” aku tidak mau berfikir kalau itu untukku. Bisa jadi itu untuk hana. Karena photo profilenya ada dia, hana, dan tim basketnya.
Malas sekali untuk membalasnya.
Whatsapku ga dibales, padahal kamu online
Hai mr. Simple
Akhirnya. Hai mrs.ginny
Hahaha... J
You in bandung?
Yups
Sedang apa?
Sedang menghirup h2o yang bagus-bagus disini
Hahaha :D, kapan pulang?
Senin, kenapa?
Miss u.. basket sepi ga ada kamu
Bukannya ada hana?
Iya, dia pulang dadakan baru aja sampe. Dia pengen ngobrol sama kamu
Hmm.. salam ya buat dia
Ah, dia juga titip salam buat kamu
Kamu sudah makan?
Udah tapi lagi agak ga enak badan
Jaga kesehatannya
Iya...kamu juga... baik-baik disana, jaga diri
Iya.. terimikicih
Hahaha, gemes pengen cupit pipi bakpao kamu
Ka.. aku pergi dulu ya, dipanggil yang lain
Iya.. have fun ya
            Aku memilih berbohong. Sedang tidak ingin berkirim pesan atau pun berhubungan. Ingin menenangkan perasaan. Mengkosongkannya lagi. Membuatnya zero lagi.


            Selama tiga hari berturut-turut kami sudah seperti anak kembar empat yang pergi kemana-mana bareng dan memakai sesuatu yang sama. Kalau vidi memakai ikat rambut bentuk boneka, desy memakai kaos dengan gambar yang sama, sedang puspa memakai sepatu dengan motif yang sama, dan aku memakai topinya. Kami membeli satu set baju dengan aksesorisnya tapi memakainya secara acak. Membuat kami terlihat lucu ketika kami hangout bareng.

0 komentar:

Posting Komentar