12 Nov 2014

E-COMMERCE Adalah ???

E-Commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.
Kategori E-Commerce
a.      Perusahaan Brick & Mortar adalah perusahaan yang produk, proses, dan pelaku pengirimannya semua bersifat fisik
b.     Perusahaan Virtual adalah perusahaan yan produk, proses, dan pelaku pengirimannya semua bersifat digital, nama lainnya adalah pure-play-organization.
c.      Perusahaan Click-and-Mortar adalah perusahaan yang menjalankan bisnis baik dalam dimensi fisik maupun digital.

Jenis Transaksi E-Commerce
1.      Business to Consumer(B2C) : E-commerce yang penjualnya adalah perusahaan dan pembelinya adalah perorangan.
Karakteristiknya: terbuka untuk umum (dimana informasi disebarkan secara umum pula, servis yan digunakan bersifat umum (dapat digunakan oleh banyak orang), servis yang digunakan berdasarkan permintaan, sering dilakukan sistem pendekatan client-server
2.      Business to business (B2B): E-commerce yang penjualnya dan pembelinya adalah organisasi atau perusahaan
Karakteristiknya: trading partnert yang sudah saling menetahui dan diantara mereka sudah terjalin hubungan yan berlangsung cukup lama, pertukaran data dilakukan secara berulan-ulang dan berkala denan format data yan telat disepakati pula, salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data, model yang umum diunakan adalah peer to peer dimana processingnya inteligence dapat didistribusikan oleh kedua pelaku bisnis.
3.      Consumer to Consumer (C2C): E-commerce dimana seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain
4.      Business to Employee(B2E): E-commerce dimana perusahaan menggunakan EC secara internal untuk memperbaiki operasinya
5.      E-Government:E-commerce dimana pemerintah menyediakan layanan ke para warganya melalui teknologi EC
6.      Mobile E-commerce (m-Ecommerce):E-commerce yang dilakukan dalam linkungan nirkabel

Penunjang E-commerce:
-SDM
-Peraturan atau perundanan publik
-layanan layanan pendukung
-kemitraan usaha
   Rancangan & Kelayakan Bisnis E-commerce
-          Busines plan: dokumen yang merinci tujuan-tujuan bisnis dan garis besar rencana pencapaiannya
-          Business case: dokumen dari manajer atau pemilik usaha untuk memperoleh pendanaan untuk proyek atau aplikasi spesifik dengan penekanan utama pada justifikasi investasi yang dimaksud.

Disiplin Ilmu Utama pada E-commerce:
a.       Ilmu komputer
b.      Pemasaran
c.       Perilaku konsumen
d.      Keuangan
e.       Ekonomi
f.    MIS

5 Konsep Dasar E-Commerce:
1. Automation
2. Integration
3.Publishing
4. Interaction
5. Transaction


Contoh E-COMMERCE:

0 komentar:

Posting Komentar