E-Commerce dapat
didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang
atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.
Kategori E-Commerce
a.
Perusahaan Brick & Mortar adalah perusahaan
yang produk, proses, dan pelaku pengirimannya semua bersifat fisik
b.
Perusahaan Virtual adalah perusahaan yan produk,
proses, dan pelaku pengirimannya semua bersifat digital, nama lainnya adalah pure-play-organization.
c. Perusahaan Click-and-Mortar adalah perusahaan yang menjalankan bisnis baik dalam dimensi fisik maupun digital.
c. Perusahaan Click-and-Mortar adalah perusahaan yang menjalankan bisnis baik dalam dimensi fisik maupun digital.
Jenis Transaksi E-Commerce
1.
Business to Consumer(B2C) : E-commerce yang
penjualnya adalah perusahaan dan pembelinya adalah perorangan.
Karakteristiknya:
terbuka untuk umum (dimana informasi disebarkan secara umum pula, servis yan
digunakan bersifat umum (dapat digunakan oleh banyak orang), servis yang
digunakan berdasarkan permintaan, sering dilakukan sistem pendekatan
client-server
2.
Business to business (B2B): E-commerce yang
penjualnya dan pembelinya adalah organisasi atau perusahaan
Karakteristiknya:
trading partnert yang sudah saling menetahui dan diantara mereka sudah terjalin
hubungan yan berlangsung cukup lama, pertukaran data dilakukan secara
berulan-ulang dan berkala denan format data yan telat disepakati pula, salah
satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data,
model yang umum diunakan adalah peer to peer dimana processingnya inteligence
dapat didistribusikan oleh kedua pelaku bisnis.
3.
Consumer to Consumer (C2C): E-commerce dimana
seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain
4.
Business to Employee(B2E): E-commerce dimana
perusahaan menggunakan EC secara internal untuk memperbaiki operasinya
5.
E-Government:E-commerce dimana pemerintah
menyediakan layanan ke para warganya melalui teknologi EC
6.
Mobile E-commerce (m-Ecommerce):E-commerce yang
dilakukan dalam linkungan nirkabel
Penunjang E-commerce:
-SDM
-Peraturan atau perundanan publik
-layanan layanan pendukung
-kemitraan usaha
-Peraturan atau perundanan publik
-layanan layanan pendukung
-kemitraan usaha
Rancangan & Kelayakan Bisnis E-commerce
-
Busines plan: dokumen yang merinci tujuan-tujuan
bisnis dan garis besar rencana pencapaiannya
-
Business case: dokumen dari manajer atau pemilik
usaha untuk memperoleh pendanaan untuk proyek atau aplikasi spesifik dengan
penekanan utama pada justifikasi investasi yang dimaksud.
Disiplin Ilmu Utama pada E-commerce:
a.
Ilmu komputer
b.
Pemasaran
c.
Perilaku konsumen
d.
Keuangan
e.
Ekonomi
f. MIS
5 Konsep Dasar E-Commerce:
1. Automation
2. Integration
3.Publishing
4. Interaction
5. Transaction
Daftar Pustaka:
http://ganiexists.blogspot.com
http://nikeyulianah.wordpress.com
http://suripto2.blogspot.com/
http://randidwi.wordpress.com
http://bahankuliahonline.files.wordpress.com
http://feriantoraharjo.files.wordpress.com
http://pahlawanweb.com
http://deris.unsri.ac.id/materi/deris/ecommerce_deris.pdf
http://tentangetechnology.wordpress.com /
0 komentar:
Posting Komentar