2 Jul 2015

Contoh Kasus Penggunaan PESTLE Dalam Perusahaan

PESTLE

Saya tidak akan membahas tentang apa itu PESTLE, tapi dibawah ini merupakan Contoh Kasus Penggunaan PESTLE dalam perusahaan:
Contoh kasus: Perusahaan bidang jasa (souvenir)
Bagaimana penerapan pestle pada perusahaan bidang jasa ini?
Jawaban:


P       : Political /Politik
Pada factor lingkungan politik ini memiliki pengaruh signifikan pada bisnis serta pengaruh keyakinan konsumen dan pengeluaran konsumen dan bisnis. Arah dan stabilitas politik menjadi factor pertimbangan penting bagi manager dalam merumuskan strategi perusahaan. Faktor  politik menentukan hukum dan peraturan yang membatasi operasi perusahaan.
Penerapannya dalam perusahaan:
Bagaimana perusahaan ini beradaptasi dengan kebijakan pemerintah menyangkut antara lain: pajak, peraturan upah minimum, kebijakan tentang harga jual beli barang, batas administrasi.

E       : Economical/Ekonomi
            Penerapannya dalam perusahaan:
Berkaitan dengan factor-faktor seperti harga barang,  tingkat inflasi, tarif pengiriman barang, pertumbuhan ekonomi local dan asing, denda pembatalan order, penaikan harga barang, biaya operasional, banyaknya pekerja.
S       : Socio Cultural/Sosial Budaya
            Penerapannya pada perusahaan ini:
Penggunaan tata bahasa (bahasa daerah, nasional, atau internasional), waktu luang untuk pengambilan barang, pendekatan akan tujuan utama dari pelanggan, dan juga kebutuhan pelanggan.

T       : Technological/Teknologi
            Penerapan pada perusahaan ini:
Bagaimana agar perusahaan ini tumbuh bersamaan dengan teknologi yang semakin modern, contohnya: menggunakan web, pembuatan aplikasi toko, penciptaan produk baru.

L       : Legal/Hukum
            Penerapannya:
Apakah perusahaan tersebut sudah mengikuti hukum yang berlaku atau berjalan saat ini, pendaftaran label, sudah resmi terdaftar sebagai salah satu perusahaan resmi, barang-barang yang diperjual belikan barang-barang resmi dan bukan selundupan.

E       : Enviromental/Lingkungan Hidup
            Penerapannya:
Daur ulang bahan-bahan bekas atau sisa, sampah, apakah bahan sisa menimbulkan polusi dsb.

0 komentar:

Posting Komentar