4 Okt 2015

Manfaat Buah Pepaya


Pepaya / Papaya / Carica Papaya adalah buah yang berasal dari Meksiko yang sekarang menyebar dan banyak di tanam di seluruh daerah tropis.
Berikut Kandungan Buah Pepaya yang dilansir dari wikipedia:
Buah Pepaya ini bukan hanya bisa disajikan sebagai Buah itu sendiri tetapi juga bisa dijadikan Sayur Oseng Pepaya, untuk rasa pun tidak kalah jauh enaknya. Kalau kita makan, seakan rasa manisnya membekas dimulut. Itulah uniknya Buah... mereka memiliki kandungan nya masing-masing namun tetap menyehatkan tubuh.

Manfaat Pepaya diantaranya adalah:
1. Anti Inflamasi : bagi penderita arthritis, osteoporosis edama --> dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi. Enzim juga memiliki sifat mencegah kanker.
2. Menguatkan Sistem Imun : Mencegah penyakit infeksi, pilek, flu, dan meredakan demam.
3. Menyehatkan Tulang : Meningkatkan penyerapan Kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium
4. Baik untuk Penderita Diabetes
5. Mencegah Penyakit Jantung
6. Pencernaan: enzim papain berguna untuk membantu pencernaan. dapat melunakkan daging, mencegah sembelit, dan mempromosikan keteraturan buang air besar.
7. Mencegah Degenerasi Makula: senyawa eaxanthin antioksidan dalam pepaya digunakan untuk menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.
8. Mempercepat Penyembuhan Luka
9. Pencegahan Asma
10. Mengurangi Berat Badan

Manfaat Untuk Kecantikan:
1. Dagung buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.
2. Pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara.
3. Kandungan Vitamin A yang melimpah pada pepaya muda mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

Potensi Resiko Kesehatan di dalam Buah Pepaya: walaupun banyak manfaatnya namun terdapat resiko kesehatan yang harus diwaspadai untuk seseorang yang alergi dengan bahan lateks, karena pepaya mengandung chitanases yang mungkin akan menyebabkan reaksi silang terhadap lateks sehingga alergi terhadap pepaya.


dikutip dari: http://manfaat.co.id/12-manfaat-buah-pepaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

1 komentar:

  1. buah pepaya juga baik untuk ibu hamil seperti mampu mempercepat proses pencernaan protein dan mencegah perkembangbiakan bakteri.

    BalasHapus