13 Mar 2011

SEO (Search Engine Optimization)

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Untuk pengetahuan akan SEO ini saya mengenalnya dua hari yang lalu. Untuk pengapresiasiannya secara langsung saya belum menjalankannya atau bahkan mencobanya sama sekali karena dalam masa ini saya masih dalam tahap pengenalan akan SEO. Dari artikel-artikel yang saya baca, SEO ini sangat bagus jika dijadikan peluang untuk bisnis. Untuk pelaksanaan penggunaan SEO ini ke depan ini memang benar-benar harus terurus dan tidak terabaikan karena jika sampai hal itu terjadi maka kita sama saja sia-sia melakukan sesuatu padahal kita sudah berusaha keras untuk menerapkan SEO ini, dan juga sama saja kita menipu orang lain karena apabila kita menggunakannya untuk peluang bisnis tentu ini harus berkesinambungan dan terurus dengan baik. Jadi untuk penerapannya diharap tidak asal dan bila memang ingin mencoba  menerapkannya mungkin bisa menggunakan blog biasa.
Contoh salah satu Toko yang menggunakan search engine optimizations ini adalah arloji Jakarta. Saat kita mengetikkan kata arloji Jakarta, toko ini secara langsung berada di baris pertama, ini adalah penerapan dan pelaksanaan yang sangat bagus, terkontrol, dan pastinya butuh pengetahuan akan SEO yang sangat baik.
20 Website yang menyediakan tool SEO & aplikasi SEO Online:
1. Seomoz SEO Tools
2. Seobook – Free Search Engine Optimization Tools
3. Seochat SEO Tools
4. Webmaster-Toolkit Search Engine Optimization Tools
5. Webconfs Seo Tools
6. XML-Sitemaps – SEO Tools for Google, MSN and Yahoo!
7. Keyworddensity – Keyword Density Analyzer Tool
8. Seocentro SEO Tools
9. Webuildpages Tools
10. Neboweb Web-based SEO Tools
11. Linkvendor Seo Tools
12. FREE Online Web Page Checking Service
13. Markhorrell Web tools
14. Iwebtool Web Tools
15. Webrankinfo Free SEO Tools
16. Googlerankings – free search engine optimization tool
17. Ranks.nl – Ranks Webmaster Tools
18. Selfseo SEO tools
19. Web-hosting-top tools
20. Google adword keyword tool

Contoh lain adalah PageRank. PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Prinsipnya semakin banyak orang yang bercerita atau merefer/me-link ke website kita dari website/blog lain link popularity website kita akan semakin tinggi dan begitu pula posisinya di search engine (termasuk pagerank). Untuk melakukan link building, sebarlah link website antara lain dengan melakukan directory bookmarking dan social bookmarking di situs-situs seperti digg.com, technorati, termasuk facebook.com, twitter.com dll, tukeran link dengan blog-blog lain, dlsbnya. Link building ini dilakukan dengan cara yang ‘bersih’ yang tidak melanggar aturan Google, misalnya jangan melakukan link building dari situs dengan bad neighbor karena bukannya akan meningkatkan popularitas website, situs-situs tersebut akan menurunkan rankingnya.

Google AdWord. Google AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik, artinya untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan akan dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses lelang (bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
Google Adwords merupakan media promosi online yang sangat populer di internet. Dengan menggunakan Google Adwords Anda bisa menjangkau pasar lebih luas dengan target yang bisa Anda tentukan sendiri, mulai dari yang paling global hingga paling spesifik.

Tak heran di luar sana Google Adwords sudah menjadi tradisi perikalanan online yang kesehariannya banyak digunakan para marketer dunia. Di Indonesia sendiri sebenarnya tak kalah sedikit marketer yang menggunakan media promosi online ini seiring semakin berkembangnya internet di Indonesia terutama mereka yang sudah terbiasa dengan online marketing.

Ada banyak alasan mengapa program periklanan milik Google ini begitu digemari dibanding dengan media promosi periklanan lain. Selain Google sendiri sebagai sebuah perusahaan yang mempunyai branding yang sangat kuat, alasan inilah yang membuat marketer banyak menggunakannya.
Berikut ini 4 keunggulan dan kelebihan Google Adword dibanding dengan media promosi online lainnya:
1. Jangkauan pasar luas
Seperti disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan Google Adwords Anda bisa menjangkau pasar yang sangat luas dengan target market Internasional. Anda bisa menentukan pasar sesuka hati sesuai produk. Anda bisa memilih negara mana saja yang menjadi target market.
2. Bisa diukur hasilnya
Berbeda dengan media periklanan lain yang hasilnya kurang bisa diukur secara pasti, katakanlah pasang banner di web-web bidikan Anda,  menggunakan Google Adwords semua kegiatan promosi Anda bisa dilihat lengkap statistiknya mulai berapa kali iklan Anda ditayangkan, berapa kali iklan diklik, kata kunci apa saja yang sering diklik dan sebagainya. Dengan begini Anda bisa melihat efektif atau tidaknya sebuah kampanye iklan.
3. Lebih tertarget
Yang paling menarik dari program periklanan Google Adwords ini adalah iklan Google bisa memfilter sesuai kata kunci yang diketikkan pengunjung. Google akan menampilkan iklan Anda sesuai keinginan pengunjung. Kalaupun iklan Anda muncul di jaringan para publishernya, itupun disesuaikan dengan topik blog publisher tersebut.
4. Hasil cepat
Lain SEO lain Adwords, bila menggunakan SEO hasilnya baru kelihatan setelah melalui proses yang cukup panjang, bisa dibilang lama mulai dari berminggu-minggu, berbulan-bulanan hingga tahunan, maka dengan menggunakan Google Adwords hasilnya jauh lebih cepat, bahkan dalah hitungan menit Anda sudah bisa melihat hasilnya.
Kekurangan Google Adwords:
Google AdWords tidak memiliki Transparansi.
Kurangnya Layanan Pelanggan

Bahan artikel di dapat dari:
Wikipedia
Alhamsyah.com
webproworld.com
 epento.com

0 komentar:

Posting Komentar