28 Mar 2011

Program PBO 1

Listing:
  


Logika:

import java.util.Scanner; // statement ini digunakan agar kita bisa menginput data melalui keyboard.
class  pertiwi{ // statement ini adalah statement kelas yang juga kita gunakan sebagai variable penyimpanan (pertiwi).
public static void main(String[] args) {
String S, L;
int J, K, F;
Scanner X = new Scanner(System.in);
System.out.print(" Nama anda :");
S= X.next();
System.out.print(" NPM anda   :");
L= X.next();
System.out.print ("Nilai UTS anda          :");
K= X.nextInt();
System.out.print ("Nilai UAS anda          :");
F= X.nextInt();
J= ((K+F)/2);
// public static void main(String[] args){ Merupakan method utama supaya nantinya kita bisa mengeksekusi program dibawahnya. Tanda kurung buka menunjukkan sebagai pembuka metode.
Statement berikutnya adalah : String S, L; int J, K, F; ini adalah pendeklarasian variable. S & L dengan tipe data String (karakter), dan J,K,& F dengan tipe data integer (angka).

//Scanner X = new Scanner(System.in);
System.out.print(" Nama anda :");
S= X.next();
System.out.print(" NPM anda   :");
L= X.next();
 Scanner digunakan untuk menginput data melalui keyboard. System.out.print(“Nama anda:”); artinya kita mencetak kata yang berada dalam tanda kutip, yaitu: Nama anda:. Kemudian statement selanjutnya adalah S= X.next(); artinya variable S dengan tipe data String dan menggunakan fungsi Scanner.  Statement selanjutnya intinya masih sama, yaitu berarti kita mencetak kata yang ada dalam tanda kutip (NPM anda: ) dan selanjutnya kita deklarasikan bahwa nilai L menggunakan tipe data String dan menggunakan fungsi Scanner.

//System.out.print ("Nilai UTS anda     :");
K= X.nextInt();
System.out.print ("Nilai UAS anda          :");
F= X.nextInt();
J= ((K+F)/2);
Fungsi statement System.out.print(“”); adalah untuk mencetak kata yang berada dalam tanda kutip. Berarti dalam deklarasi ini kita mencetak kata Nilai UTS anda:, kemudian statement selanjutnya mengidentifikasi bahwa nilai K menggunakan tipe data Int (integer) dan menggunakan fungsi scanner( menginput data melalui keyboard). Dan untuk statement selanjutnya intinya masih sama, yaitu mencetak kata yang berada dalam tanda kutip (Nilai UAS anda: ) dan diikuti pendeklarasian yang menyatakan bahwa nilai F menggunakan fungsi scanner dan juga bertipe data Int(integer). kemudian statement terakhir blok ini, ini adalah rumus yang digunakan untuk mencari nilai J.

//System.out.println("\n\nNama anda adalah: " +S);
System.out.println("NPM anda: " +L);
System.out.println("Nilai total anda: " +J);
Deklarasi ini digunakan untuk mencetak kata yang berada dalam tanda kutip. \n\n menunjukkan bahwa kita akan mencetak 2 baris kosong diatasnya. Dan untuk setiap statement deklarasi System.out.println(“”+(nama variable)); ini menunjukkan bahwa setelah kata yang tercetak dalam tanda kutip kita akan mencetak nilai variable diselanjutnya. Perbedaan print dengan println adalah untuk print kita mencetak dibaris yang sana, tetapi untuk println berarti kita mencetak di baris selanjutnya.

if(J >= 90){
System.out.println("Nilai anda Sangat Baik");}
else if(J >=70 && J <90){
System.out.println("Nilai anda Baik            ");}
else if(J >=50 && J <= 70){
System.out.println("Nilai anda Kurang Baik          ");}
else {
System.out.println("Nilai anda Buruk         ");}}
// pendeklarasiannya adalah (fungsi if diikuti dengan (nilai ketentuan)dan setelah itu dibuka dengan tanda { untuk memulai metode didalamnya). Artinya jika nilai J >=90 maka akan tercetak kata “Nilai anda Sangat Baik”, } untuk menutup metode ini. (if elseà ketentuan penulisan untuk di java adalah seperti ini). Tetapi jika nilai J>=70 dan J<90 { maka akan tercetak kata “Nilai anda Baik”}, tetapi jika nilai J>=50 dan J<=70 maka{ akan tercetak kata “Nilai anda Kurang Baik”} dan selain nilai itu { maka akan tercetak kata “Nilai anda Buruk”}.
Ada dua kurung tutup selanjutnya ini digunakan untuk menutup metode yang sebelumnya.
// dalam java setiap akhir statement diikuti dengan tanda ;, kecuali untuk penggunaan fungsi contohnya fungsi if.

Output:

 

0 komentar:

Posting Komentar