a. Salutation:
Salam pembuka pada business english letter
bervariasi tergantung dari keadaannya, seperti "Dear Sir" atau
"Dear Madam", atau "Dear Sir or Madam" (jika jenis kelamin
tidak diketahui) atau "Dear Mr.Tarigan", atau "Dear Miss
Sato", dan lainnya. Pengunaan nama pada salutation hanya digunakan jika
penulis tahu nama orang yang akan menerimanya.
Pada British style, salutation diikuti dengan tanda
koma, misal “Dear Mr. Smith,”.
Pada American style, tanda koma diganti dengan
tanda titik dua, misal “Dear Sir or Madam:”.
Example:
British Style
|
American Style
|
Dear Mr. Rio
|
Dear Mr.Rio:
|
Dear Mrs. Hana,
|
Dear Mrs. Hana:
|
Dear Madam
|
Dear Madam:
|
b. Reference:
Digunakan
sebagai pengarsipan atau dokumentasi surat yang dikirimkan atau yang diterima,
juga digunakan untuk mengingatkan referensi dari si penerima kepada si pengirim
tentang topik yang akan dibicarakan. Untuk penulisan referensi dapat
diberi tulisan bergaris bawah, dan jika anda ingin menyertakan referensi anda
dapat menulisnya seperti berikut. Contoh :
·
Your
Ref: KPS/C3, Our Ref: Con/13/1
·
As
per your letter of June 8th
·
As
we discussed on phone today,
·
Thank
you for your letter of 4nd May
With reference to
your advertisement in the Bekasi pos, 5st January, 2011.referensi:
http://inamona92.blogspot.com/2012/11/business-letter.html
http://fahmyhygienic.blogspot.com/2010/09/materi-korespondensi-bahasa-inggris.html
Thanks
BalasHapus