Visi
:
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Misi
:
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).
Strategi
Perusahaan
Dalam era
persaingan yang semakin ketat, setiap kali sebuah perusahaan harus mengevaluasi
kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat
bersaing. Perbaikan ini akan dilaksanakan secara terus menerus, sehingga
kinerja perusahaan makin baik dan dapat terus unggul dalam persaingan, atau
minimal tetap dapat bertahan. Salah satu strategi untuk memperbaiki dan
memaksimalkan kinerja perusahaan adalah dengan cara restrukturisasi.
Definisi
restrukturisasi itu sendiri, yang antara lain sebagai berikut:
1.
Restrukturisasi, sering disebut sebagai downsizing atau delayering,
melibatkan pengurangan perusahaan di bidang tenaga kerja, unit kerja atau
divisi, ataupun pengurangan tingkat jabatan dalam struktur oganisasi
perusahaan. Pengurangan skala perusahaan ini diperlukan untuk memperbaiki efisiensi
dan efektifitas (David,F, 1997:226)
2.
Strategi restrukturisasi digunakan untuk mencari jalan
keluar bagi perusahaan yang tidak berkembang, sakit atau adanya ancaman bagi
organisasi, atau industri diambang pintu perubahan yang signifikan. Pemilik
umumnya melakukan perubahan dalam tim unit manajemen, perubahan strategi, atau
masuknya teknologi baru dalam perusahaan. Selanjutnya sering diikuti oleh
akuisisi untuk membangun bagian yang kritis, menjual bagian yang tidak perlu,
guna mengurangi biaya akuisisi secara efektif. Hasilnya adalah perusahaan yang
kuat, atau merupakan transformasi industri. Strategi restrukturisasi memerlukan
tim manajemen yang mempunyai wawasan untuk melihat ke depan, kapan perusahaan
berada pada titik undervaluedatau industri pada posisi
yang matang untuk transformasi. Wawasan yang sama diperlukan untuk melakukan turn around pada unit usaha, bahkan pada
bisnis yang tidak familiar (Mintzberg & Quinn,
1996:732).
3.
Restrukturisasi perusahaan bertujuan untuk memperbaiki
dan memaksimalisasi kinerja perusahaan (Djohanputro, Bramantyo, 2004:2).
Padahal setiap kali
perusahaan melakukan perbaikan, entah dalam skala kecil, atau skala besar,
tujuannya adalah untuk memperbaiki kinerja. Tentu saja perusahaan tak perlu
menunggu terjadi penurunan baru dilakukan perbaikan, karena bisa terlambat,
sehingga perbaikan perlu dilakukan secara terus menerus. Pada umumnya istilah
restrukturisasi digunakan jika perusahaan ingin melakukan perbaikan secara
menyeluruh, dan tujuannya adalah untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja
perusahaan.Pada saat ini, jika anda membaca di surat kabar, banyak perusahaan
yang melakukan aksi korporasi, yang tujuannya adalah untuk memperkuat,
memperbaiki dan memaksimalkan kinerja perusahaan
Penerapan
strategi dalam tata kelola perusahaan
AQUA memegang saham
lebih dari 62% dari pasar botol di Indonesia, negara berpenduduk terbanyak
kelima didunia. Memegang tampuk pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa rintangan
yang effektif untuk masuk dalam industry air dalam botol. Teknologi air dalam
botol tidak terlalu sulit dan kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan.
Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam
botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan
memproduksi satu kesetiaan pada merek adalah kunci sukses.
Pembedaan telah
menjadi tujuan pertama Tirto. Dalam satu penggelaran pemasaran yang cemerlang,
dia telah memberi nama produknya dengan AQUA (Nama Latin untuk “Air”. Orang
asing di Indonesia, sasaran asli pemasaran , dapat mengerti apa arti kata itu.
Lebih dari 300 bahasa dipakai di Indonesia dan kepekaan suku sangat penting.
Pemilihan bentuk nama Latin dalah netral , dan tidak ada kepentingannya dengan
kelompok suku tertentu. Sebaga bonus AQUA adalah kata yang mudah untuk diucapkan
untuk pembicara setiap bahasa.
Strategi pemasaran
yang asli tidak ditujukan di Indonesia . Tirto bermaksud untuk memapankan ceruk
pasar kecil memasok air aman dan es pada orang asing di Indonesia. Satu hal
yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di Jakarta dan sepanjang
jalan Pantura membuktikan bahwa orang-orang Indonesia ada kemauan untuk membeli
air dalam botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota besar ke desa-desa
kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi perkiraan konsumen harus dipikirkan.
Sementara perkiraan tersebut AQUA mengandung mineral sehat, sebenarnya tidak
ada apa-apanya selain air dalam botol.Tidak dikarbonasi dan tidak pula
dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA secara umum mengacu pada “Air
Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaiman memperkirakan. Pada awalnya
contoh promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop.
Untuk memoles citra
AQUA Tirto mencoba slogan bersih, bening, bebas bakteriuntuk empat tahun yang
pertama. Penjualan tetap tertahan dibawah dua juta liter per tahun – tidak
cukup apabila perusahaan telah menjadi distributor utama. Dalam tahun 1979
Tirto merubah slogan secara permanen menjadi air sehat setiap saat, sedikit
penedekatan klinis. Berhasil, Slogan yang baru berpasangan dengan perkenalan
dengan kemasan plastik yang baru, mendorong penjualan AQUA sampai lebih 13 juta
liter di tahun 1983.
Alternatif
Strategi Perusahaan Dalam Menghadapi Persaingan
AQUA menggunakan
seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah
membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya,
mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik
internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat.
Pada maraton yang populer dan balapan 10.000 meter truk-truk AQUA menyediakan
pelari yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai bagian dari hubungan
masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk
meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA diproduksi dengan cara yang higienis
dengan fasilitas, personel, dan manajemen yang utama.
Sementara
pengiklanan dan humas “menarik” AQUA melalui saluran-saluran distribusi,
promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan.
Pelayanan adalah krusial dalam bisnis air. Ada pusat-pusat distribusi AQUA di
Indonesia, dijalankan oleh PT. Wirabuana Intrent, distributor tunggal
produk-produk AQUA. Truk-truk AQUA yang selalu siap sedia dimana saja kapan
saja memastikan pengiriman yang handal pada outlet eceran dan
perusahaan-perusahaan yang menyediakan pendingin air AQUA untuk karyawannya.
Penerbangan besar seperti Garuda Indonesia, Penerbangan Nasional Indonesia,
menawarkan AQUA pada penumpangnya. Pelanggan-pelanggan ini membutuhkan
pelayanan yang segera dan handal. Pendingin air kantoran yang kosong atau rusak
menciptakan citra yang buruk dan penerbangan membutuhkan pengiriman tepat
waktu.
AQUA melanjutkan
untuk mengembangkan upaya pemasarannya ke pulau yang lain di Indonesia. Untuk
memotong biaya transportasi, fasilitas produksi dioperasikan dengan lisensi
yang memproduksi air dalam persyaratan AQUA telah dibuka di Manado, Sulawesi
Utara, dan Medan, Sumatera Utara. Satu instalasi kecil mulai berproduksi airl
SEHAT dalam botol di Brunei Darrussalam, satu negara minyak yang merdeka di
pantai utara Borneo. Bukan suatu hal yang kecil,
Sistem Informasi
yang diusulkan:
AQUA merupakan satu dari banyak
produk air mineral yang paling dikenal masyarakat dan mempunyai banyak
Program-Program yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia. Selain program,
media, dan iklan-iklan yang lalu lalang, AQUA juga mempunyai banyak kerja sama
dengan perusahaan-perusahaan lain. AQUA sudah sangat melekat dan dikenal oleh
masyarakat umum namun dilain itu semua kami memiliki beberapa usulan untuk
sistem informasinya, diantaranya adalah:
-
Jika Restrukturisasi dilakukan maka diperlukan adanya
manajemen database yang akurat, termasuk pembuatan gantchart sehingga dari
kedua data tersebut dapat dilihat bagian divisi mana yang kurang efektif
ataupun yang masih kurang dari pengoptimalannya dan bagian divisi mana yang
sudah sangat efektif sampai kekurangan tenaga ataupun alat.
-
Untuk penyebaran
berita maka masih diperlukannya tambahan media, karena masih banyak info-info
event ataupun program yang tidak sampai ketelinga masyarakat. Untuk tahap
selanjutnya adalah adanya aplikasi AQUA yang dapat di install dalam handphone.
Strategi tambahan yang bisa dilakukan adalah dengan
pembuatan Gudang sampah untuk botol AQUA di setiap kelurahan. Dengan adanya
pembuatan gudang sampah botol AQUA ini maka memudahkan pihak AQUA juga untuk
melakukan daur ulang botol atau kemasan dari AQUA. Selain itu juga dengan
adanya strategi tambahan ini akan membuat AQUA semakin memiliki keunikah atau
ke ciri khas an nya tersendiri.
0 komentar:
Posting Komentar