25 Mar 2012

CARA INSTALASI OGRE

Apa itu OGRE???

OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif & mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic.

Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi.

OGRE mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunyasourceforge.net yang berdiri sejak Maret 2005. Beberapa karyanga yang sudah ada & dikomersialkan diantaranya game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta baru-baru ini muncul lagi gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008. Rilisnya dibawah istilah GNU Lesser General Public License.

Perbedaan OGRE dan BLENDER menurut saya: OGRE terdapat sintaks coding, kita dapat mengubahnya sesuai yang kita inginkan dengan merubah coding tersebut, selain itu dalam OGRE terdapat beberapa objek yang tinggal dipanggil saja , contohnya: fish.mesh dll. Sedangkan BLENDER, kita benar-benar membuat objek dari hasil kita terlebih dahulu. untuk menjalankan/membuat animasi dalam BLENDER kita tinggal melakukan rigging, pemasukan tulang, dll sesuai yang kita inginkan -> jadi tergantung seberapa hebat imajinasi kita.

Menginstal OGRE:
1.    Install MinGW

Tentukan direktori penyimpanannya pada C:\
Buat path dengan klik kanan pada My Computer è Properties è Advanced è Environment Variables
Pada System Variables, cari variabel Path. Lalu klik edit dan tambahkan ;C:\mingw\bin pada valuenya
Setelah selesai lanjutkan dengan point ke 2.








2.    Install MSYS pada C:\
Buat path seperti di atas. Pada variabel Path, tambahkan ;C:\msys\1.0\bin pada valuenya
3.    Install OgreSDK pada C:\


4.    Cek apakah minGW dan MYSYS apakah sudah terinstall dengan benar, berikut tampilannya:
 5.    Langkah selanjutnya adalah konfigurasi eclipse,:

 
6. Langkah selanjutnya adalah: Buat environtment path pada Window - Preferences - C/C++ - Environment
Langkah-langkahnya:
a.    Klik tab window
b.    Klik preference (gambar disamping adalah jendela preference) ->
c.    Pilih dan klik C/C++ - Build - Environment) pada area kiri tampilan.
Kemudian klik add dan:
Isi Variable dengan OgreSDK & isi Value dengan  C:\OgreSDK
d.    Langkah selanjutnya adalah:
Buat file baru, langkah-langkahnya:
-    Klik file
-    Klik new
-    Klik C++ project
-    Beri nama project
-    Setelah itu next dan finish


7.    Lakukan konfigurasi Build, langkah-langkahnya: Pada project yang baru kita buat, misalnya saya: 

 
 Klik kanan pada project tersebut kemudian :
a.    Klik properties, Maka muncul jendela:


 b.    klik C/C++ Build – Settings
 Atur konfigurasi GCC C++ Compiler  dan  Linker seperti berikut ini :
 Gambar diatas untuk pengaturan GCC C++ Compiler  dan  Linker belum lengkap, jadi kalian harus mencarinya sendiri.

Keterangan :
Ganti semua setting dengan value ${OGRE_HOME} dengan C:\OgreSDK
 ( Jika ternyata project mendapatkan beberapa pesan error ).
8.    Langkah selanjutnya yaitu :
Memulai Penulisan Kode Program:
a.    Klik kanan pada folder project di Project Explorer
b.    New - Source File - beri nama file ditambah dengan ekstensi .cpp lalu klik Finish
Running Program
a.    Pilih menu Project - Build Project atau klik kanan pada folder project / save project kemudian tekan ctrl + B ( maka, setelah dilakukan proses build, folder debug akan tercipta dalam folder project yang kita buat ).
b.    Copy semua isi folder C:\OgreSDK\bin\debug + d3dx9d_30.dll ke folder debug yang ada dalam folder project yang kita buat.
c.    Buka file resource.cfg dengan teks editor lalu replace ../.. dengan C:/OgreSDK
Selanjutnya Build kembali project tersebut.
Jalankan Executable file pada folder project yang kita buat

0 komentar:

Posting Komentar