hanapert -Stage 1 - WELCOME

Selamat Datang di Blog saya 'hanapert.blogspot.com' Blog Pribadi yang berisi semua unek-unek pribadi --> Jangan Lupa tinggalkan Pesan dan Kesan nya ya teman ^_^

hanapert -Stage 2 - BLOG, ANDROID, PHP

Android, salah satu Sistem Operasi yang saya jadikan bahan untuk Tugas Akhir dalam menyelesaikan S1 saya. Program yang berhasil dibuat saya beri nama 'IQRA HANA'

hanapert -Stage 3 - NOVEL

Menulis, Berimajinasi tanpa batas, Apresiasi. Perjalanan Novel yang sangat Panjang sampai akhirnya bisa mempublikasikannya dengan bantuan NulisBuku.com.

hanapert -Stage 4 - ANIME

Shigatsu Wa Kimi No Uso, anime yang bercerita tentang Kaori ..., dalam Blog ini ada beberapa Resensi Anime yang sudah ditonton oleh saya, masih banyak yang belum sempat tertuang. Ditunggu aja Postingan selanjutnya

hanapert -Stage 5 - GOOD BYE

Buah dan Sayuran merupakan salah satu Tema yang diangkat di BLOG ini, Selain karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tapi juga beberapa bermanfaat untuk kecantikan. Ladies kita intip sejenak yuk.. yang laki-laki juga boleh

23 Apr 2013

Perbedaan British Style & American Style dalam surat

a.       Salutation:
Salam pembuka pada business english letter bervariasi tergantung dari keadaannya, seperti "Dear Sir" atau "Dear Madam", atau "Dear Sir or Madam" (jika jenis kelamin tidak diketahui) atau "Dear Mr.Tarigan", atau "Dear Miss Sato", dan lainnya. Pengunaan nama pada salutation hanya digunakan jika penulis tahu nama orang yang akan menerimanya.
Pada British style, salutation diikuti dengan tanda koma, misal “Dear Mr. Smith,”.
Pada American style, tanda koma diganti dengan tanda titik dua, misal “Dear Sir or Madam:”.

Example:
British Style
American Style
Dear Mr. Rio
Dear Mr.Rio:
Dear Mrs. Hana,
Dear Mrs. Hana:
Dear Madam
Dear Madam:


b.      Reference:
Digunakan sebagai pengarsipan atau dokumentasi surat yang dikirimkan atau yang diterima, juga digunakan untuk mengingatkan referensi dari si penerima kepada si pengirim tentang topik yang akan dibicarakan.  Untuk penulisan referensi dapat diberi tulisan bergaris bawah, dan jika anda ingin menyertakan referensi anda dapat menulisnya seperti berikut. Contoh : 
·         Your Ref: KPS/C3, Our Ref: Con/13/1 
·         As per your letter of  June 8th 
·         As we discussed on phone today, 
·         Thank you for your letter of  4nd May
With reference to your advertisement in the Bekasi pos, 5st January, 2011.


referensi:
http://inamona92.blogspot.com/2012/11/business-letter.html
http://fahmyhygienic.blogspot.com/2010/09/materi-korespondensi-bahasa-inggris.html

Hacking, Sosial Hacking & Technical Hacking

TENTANG  HACKING
Menurut para pakar IT "Hacking"  adalah suatu aktifitas dari hacker yaitu orang yang tertarik dan mendalami sistem operasi komputer sehingga mengetahui kelemahan yang ada pada suatu sistem tetapi tidak memanfaatkan kelemahan tersebut untuk hal kejahatan.

Ada 2 Jenis Kegiatan Hacker

-  Social Hacking :  yang perlu diketahui hacker adalah informasi tentang system apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi apa yang dipergunakan, bagaimana server itu tersambung internet, informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya.
- Technical Hacking : Merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam system, baik dengan alat bantu (hacking tool) atau dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam system. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana pun.


Tingkatan Hacker
· Elite : merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistemoperasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global.Mereka seperti siluman dapat memasuki sistem tanpa di ketahui.
· Semi Elite : Mereka juga mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit.
·Developed Kiddie : Mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya.Umumnya mereka masih menggunakan Grafik UserInterface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
· Script Kiddie: : mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.
· Lamer: Mereka adalah orang tanpa pengalaman & pengetahuan yang ingin menjadi Hacker (wanna-be Hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang Hacker & ingin seperti itu.

CONTOH KASUS HACKING :: HACK WEBSITE
CARA HACKINGNYA BAGIAN YANG DI SERANG
- Trik menyadap password, dengan contoh kasus teknik menyadap username dan PIN pada internet banking sebuah bank.
- Trik untuk menguji error sehingga sebuah website bisa dilakukan SQL Injection. Termasuk membuat error yang disengaja pada sebuah website.
- Bagaimana melihat direktori sebuah website yang sebenarnya disembunyikan dari umum.
- Memeriksa reputasi dan prestasi sebuah website.
- Memeriksa apakah sebuah website itu aman dikunjungi atau tidak.
- Mengekstrak banyak hal terlarang dari sebuah website, mulai dari link, email, script, nomor telepon, dan sebagainya.
- Menemukan halaman login admin yang tidak terlihat untuk umum.
- Mencari tahu apakah sebuah website menggunakan shared hosting atau private hosting.
- Melihat kelemahan keamanan pada direktori CGI-BIN.

BAGAIMANA MENCEGAH DAN MENGAMANKAN WEBSITE/SITUS DARI HACK
Untuk mengamankan sebuah website, perhatian besar perlu kita berikan pada banyak hal, mulai dari komputer tempat kita membangun website, tingkat keamanan web server tempat hosting situs, teknologi yang digunakan untuk membangun dan melindungi sebuah website, hingga kemampuan "tim security" dari penyedia webhosting untuk menjaga file-file situs yang dihostingkan di perusahaannya.
Sebagai gambaran, berikut ini saya cuplikkan beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengamankan website dari serangan hacker:

1. Mengamankan Server
Pada umumnya, hosting websites dilakukan pada ISP (Internet Service Provider) dengan space tertentu, lalu kita melakukan upload website via FTP atau via CPANEL (Control Panel). Webhosting inilah yang rawan dan mudah sekali dibobol oleh Hacker di antaranya mengunakan teknik SQL Injection.
Saran saya, jika memang anda atau lembaga anda berkenan sebaiknya gunakan Server sendiri dan mengunakan VPS (Virtual Private Server). Dengan Server sendiri atau Virtual Private Server bisa mengunakan berbagai proteksi terhadap kita secara Customized dan optimal. Berbeda dengan Web Hosting, proteksi security dilakukan terserah oleh ISP. Kelemahan proteksi inilah yang dimanfaatkan oleh Hacker dengan melakukan Port Scanning untuk menemukan celah security yang bisa ditembus untuk bisa masuk dan mengambil alih websites tersebut.

2. Gunakan sistem yang sudah terpercaya
Mengunakan system yang Stable yang sudah perfect systemnya (termasuk dalam memilih CMS untuk membangun sebuah website) merupakan suatu keharusan. Jangan mengandalkan paket CMS atau Web Builder dan langsung percaya dengan keamanannya, pelajari sistemnya termasuk bagaimana mengcustomisasi seputar keamanannya. Dengan begitu  kemungkinan adanya celah keamanan juga dapat diminimalkan.
Banyaknya software seperti CMS atau tool web builder dengan berbagai versi terutama versi gratis/ free License/ Freeware yang dipublikasikan bebas di Internet, sehingga semua orang (termasuk hacker) bisa ikut mempelajarinya dan menemukan celah keamanan yang dapat mereka manfaatkan. Saran saya sebaiknya para pemakai memilih web builder atau CMS dengan versi yang sudah dinyatakan Stable atau minimal yang terus dikembangkan dan disempurnakan setiap waktu, sehingga jika ditemukan celah keamanan anda dapat langsung meminta patch untuk menutup celah tersebut, termasuk mendownload versi terbaru jika dirilis.

3. Audit Server
Web Administrator/ System Administrator harus melakukan Review, Testing, Simulasi secara berkala terhadap keamanan pada Server yang dikelolanya. Bahkan bisa bekerja sama dengan Hacker (White Hacker yang dapat dipercaya reputasinya) untuk melakukan Audit terhadap implementasi Security.
Saran saya, sebelum menentukan dimana website anda akan dibangun, sebaiknya carilah banyak referensi tentang perusahaan webhosting yang ampuh dan terkenal aman dalam menjaga website yang dikelolanya. Jangan tergiur harga murah jika nantinya malah tidak aman.

4. Teknologi Terbaik
Teknologi dalam dunia webserver terus berkembang, saran saya pilihlah web server yang mengunakan Hardware Security yang powerfull diantaranya yang memiliki fitur Firewall, IDS (Intrusion Detection System) dan IPS (Intrusion Prevention System). Contohnya mengunakan Fortigate, Cisco Series Security, 3Com Tipping Point, dan lainnya. Dapat juga mengunakan software IDS seperti Black ICE Countermeasures ataupun Distro Linux untuk security system seperti Smootwall, Monowall, Customized Distro Linux, dan lainnya.
Sebagai tambahan, sebaiknya gunakan juga fasilitas tambahan dalam mengelola website, seperti: menggunakan fasilitas software maupun hardware security yang bisa secara otomatis mengirimkan email (atau SMS) alert/warning jika system mendeteksi adanya serangan dari hacker. Dengan begitu anda bisa segera Login dan mengamankan file-file web anda.

referensi:
http://aasblogoke.blogspot.com/

15 Apr 2013

Komputasi Modern


(Sekilas dari Penulis) Komputasi Modern, dari dua kata ini menurut saya dapat diartikan sebagai sebuah penggunaan komputer secara modern. Sejauh yang saya ketahui penggunaan awal sebuah komputer hanya digunakan sebagai alat hitung, dengan semakin modernnya dunia, dunia teknologi pun ikut berkembang, dan menurut saya kemungkinan berkembangnya teknologi seperti yang ada di film-film Iron Man dll bukanlah sebuah ketidakmustahilan.
Materi yang akan dibahas pada postingan kali ini:
1. Pengertian Komputasi Modern
2. Sejarah Komputasi Modern
3. Macam-macam Komputasi Modern
4. Manfaat Komputasi Modern

Apa itu Komputasi Modern?
Menurut Wikipedia Komputasi adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. 
Modern mempunyai arti terbaru, terkini terhebat, tercanggih, dan sesuatu yang telah terupdate sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, Komputasi Modern adalah suatu aktifitas untuk menemukan pemecahan permasalahan dengan suatu algoritma dengan menggunakan hardware dan software terbaru/terupdate.

Sejarah Komputasi Modern
Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah Johnvon Neumann (1903-1957). 
Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. 
Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.Von Neumann dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.Nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest merupakan  tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.Beliau pernah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton pada saat yang bersamaan Von Neumann menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies. Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.


Macam-Macam Komputasi Modern

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :
1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah ini:
  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.


Manfaat Komputasi Modern



Komputasi modern ini melakukan perhitungan dengan menggunakan komputer yang canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.
Dari sana dapat terlihat bahwa komputasi modern dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah-masalah seperti dibawah ini:
  • menghitung akurasi (bit, floating point)
  • menghitung kecepatan (dalam satuanHz)
  • menghitung problem volume besar (paralel)
  • modeling (NN dan GA)
  • kompleksitas (menggunakan Teori Big O)

Manfaat lainnya dari komputasi modern yang sering kita dengar sekarang ini adalah tentang pembacaan sidik jari dan scan retina mata. itu dinamakan dengan teknik biometric.

Sumber:

apa dunia ku?


Demi Robby ku, dari dalam hati ingin selalu kujunjung asma-Mu
Melepaskan semua ikatan yang membelengguku
Mengikuti apa yang Kau titahkan padaku
Tidak terburu-buru dan tidak pula lambat berjalan dengan kepastian tanpa keraguan yang meyakiniku
Ruangan hati ini masih belum terisi sepenuhnya
Kesibukan apa yang kucari???
Untuk siapa semua ini?
Apa makna ku sesungguhnya?
Apa aku ini berharga? Ataukah aku ini batu hitam yang terinjak?
Dilupakan atau diingat?
Sebegitu berartikah aku bagi orang diluar sana
Berjuta manusia belum ku kenal, berhektar keindahan belum kujejaki
Untuk siapa jiwa ini merasa
Untuk siapa fikiran ini lelah
Kepada Mu kah
Atau untuk kepuasan orang lain

puisi dibuat tanggal 16 maret 2009

5 Apr 2013

Membuat Menu Navigasi Di atas Header Utama Blog

Siang blog lover..
Masih berusaha membuat blog kita menjadi blog yang menarik untuk dilihat.
semoga semakin kesini tampilan blog admin semakin jelas dan ga berubah-ubah. aamiin.

Kali ini admin ingin menjelaskan tutorial menambahkan menu navigasi diatas header.

Lihat pada tanda diatas.
Cara membuatnya adalah:
1. Kalian masuk kedalam dashboard blog kalian
2. masuk kedalam template blog kalian, kemudian pilih edit html
3. cari kode ]]></b:skin>
kemudian copi paste kode dibawah ini diatas kode skin tadi:
.toppic{width:100%;margin:0 auto;border-bottom:0px solid #666;}.topnav{background:#ffffff;width: 960px;height:32px;overflow: hidden;margin:0 auto; padding:10px 10px 0px 10px; }.toppic{background:#ffffff;width:1000px;margin:0 auto;border-bottom:1px solid #999;}.topnav{width: 960px;height:20px;overflow: hidden;margin:0 auto;  padding:0px 0px 10px 10px; }.menupic{background:#fff;width:960px;margin:0 auto;}

4. Selanjutnya, kalian cari kode body, <body> di edit html kalian, selanjutnya, copi paste koding dibawah ini dibagian setelah body:
<div class='toppic'><div class='topnav'><div style='font: 11px Arial;float:left;padding-top:3px;letter-spacing:.01em;color:#000000;'>Wellcome  |  Members area  :  <a href='http://www.blogger.com' title='log in to blogger'>Register</a>  |  <a href='http://www.blogger.com' title='log in to blogger'>Sign in</a> </div>
<div style='font: 11px Arial;float:right;padding-top:3px;letter-spacing:.01em;color:#000000;'> <a href='http://hanapert.blogspot.com/' title='Home'>Home</a>  |  <a href='http://hanapert.blogspot.com/p/blog-page.html' title='Site Map'>Site Map</a>  | <a href='http://hanapert.blogspot.com/p/nama-hana-pertiwi-lahir-di-cilacap.html' title='Biodata'>Biodata</a> | <a href='http://hanapert.blogspot.com/p/tentang-e-mines.html' title='Tentang'>Tentang</a>

Setelah selesai klik simpan, dan lihat perubahan yang terjadi di blog kalian. Sebelumnya kalian ubah page html nya sesuai  dengan kebutuhan kalian.

Terima Kasih telah berkunjung, jangan lupa kasih komentar

ALGORITMA PRAM (PARALLEL RANDOM ACCESS MACHINE)


PENDAHULUAN

Pada Matakuliah Algoritma Pengolahan Paralel diketahui Terdapat beberapa model untuk abstract machine models diantaranya adalah BSP(Bulk Synchronous Parallel), PPM(Phase Parallel Model), dan salah satunya adalah PRAM (Parallel Random Access Machine). Algoritma PRAM, merupakan salah satu algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah atau kasus yang berhubungan dengan parallel random dari akses mesin. Bagan dari beberapa pembuatan algoritma secara umum terdiri dari:
1.       Adanya Problem
2.       Melakukan Gambaran / Konsep
3.       Pseudocode
 Pada Algoritma PRAM terdapat enam sub pembelajaran yang wajib kita ketahui antara lain adalah Parallel Reduction, Prefix Sums, List Ranking, Pre-Order Tree Traversal, Merging Two Sorted Lists, dan Graph Coloring, dari semua sub-bab yang ada keseluruhannya kita selalu melakukan tahap pseudocode atau dengan kata lain setelah kita berhasil mempelajari setiap algoritma, kita dirujukkan untuk dapat membuat pengkodingannya.
Tujuan dari pembelajaran Algoritma PRAM ini adalah diharapkan agar teman-teman atau pun adik-adik yang lain dapat memahami komputasi parallel dari model-model PRAM, algoritma PRAM, dan kompleksitasnya.

Materi Pembelajaran Algoritma PRAM:
1.       Parallel Reduction
2.       Prefix Sums
3.       List Ranking
4.       Pre-Order Tree Traversal
5.       Merging Two Sorted Lists
6.       Graph Coloring

Algoritma PRAM terdiri dari dua kata, yaitu Algoritma dan PRAM. Algoritma mempunyai arti sebagai kumpulan perintah yang ada untuk menyelesaikan suatu masalah atau kasus dan PRAM merupakan singkatan dari PARALLEL RANDOM ACCESS MACHINE atau dengan kata lain dapat disebut dengan parallel random untuk mesin akses, jadi dengan kata lain Algoritma PRAM adalah salah satu algoritma yang digunakan dalam abstraksi model mesin yang menyangkut tentang pemodelan parallel random dari akses mesin.

Fase pada Algoritma PRAM:
Gambar 1.0
Terlihat pada gambar 1, terdapat beberapa computer dimana salah satunya sebagai server dan yang lainnya sebagai client. Pada fase 1 kita menyalakan sejumlah computer atau PC tersebut. Kemudian langkah selanjutnya adalah dalam pengerjaannya kita melakukan komputasi secara parallel.
Perbedaan Komputasi secara parallel dan tunggal adalah:
Pada komputasi parallel kita melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa computer independen secara bersamaan, sedangkan pada komputasi secara tunggal kita melakukan komputasi secara bertahap.  

Secara ringkas fase Algoritma PRAM adalah:
1.       Mengaktifkan Sejumlah Prosesor
2.       Prosesor yang sudah diaktifkan, melakukan komputasi secara parallel

 

*      Parallel Reduction / pengurangan paralel
Pengurangan atau penyingkatan dari banyaknya alur atau kasus yang ada.
Konsep / gambaran parallel reduction:

Gambar 1.1

Proses ini disebut juga dengan reduksi parallel



 Contoh sederhana dari konsep reduksi parallel diatas:

Setelah mengetahui konsep dari reduksi parallel maka kita harus bisa menjabarkan code yang kita gunakan untuk kasus reduksi tersebut (lihat gambar dibawah ini):

*      Prefix Sums
Prefix Sums: melakukan penjumlahan (sum) dengan yang sebelumnya (pre).
Contoh :



Pada gambar diatas diketahui bahwa terdapat sebuah nilai a dan b, dengan komponen a terdiri dari AbCDeFghI dan komponen nilai b adalah 101101001. Maka langkah awalnya adalah melakukan penjumlahan dari nilai yang sudah diketahui bilangannya dengan melakukan compute prefix sums, maka didapatlah hasilnya:

Baru kemudian dari komponen a, kita lakukan pack upper-case letter. Memilah komponen alphabet yang terdiri dari huruf capital:

*      List Ranking















Gambar diatas memenuhi ketentuan dari List Ranking, cara membaca polanya adalah Ketika nilai-nilai yang ada merupakan nilai yang berbeda dan secara berurut maka semua nilai secara langsung akan menuju 0 dan jika nilai-nilainya terdapat nilai yang sama secara berurut maka nilai pertama yang berbeda dari angka 1 akan langsung menuju nilai 0 dan yang selain dari akan menuju nilai 1, kemudian jika masih ada maka akan menuju nilai 2, dan seterusnya.

*      Preorder Tree Traversal
Algoritma preoerder tree traversal memiliki 4 fase:
1.       Algoritma membentuk singly –linked list (ada penelusuran edge turun dan naik)
2.       Bobot verterksnya (naik = 0 dan turun = 1)
3.       Setiap elemen singly-linked list menghitung ranknya dari list secara parallel
4.       Prosesor yang diasosiasikan dengan edge yang turun menggunakan rank yang sudah dihitung sebagai nomor dari dari penelusuran preorder.

Contoh, Diketahui sebuah pohon pada gambar (a) disamping, maka dapat diketahui edgenya (gambar b)
Pada gambar b, terlihat jelas alur naik dan alur turun dari edge-edgenya. Maka dengan gambar b ini kita dapat membuat linked-listnya:

Setelah membuat linked listnya, pada gambar d (jumping pointer) semua pointer kita arahkan menuju linked list yang terakhir yang artinya menuju C,A. kemudian hitung total bobot dari setiap verteksnya pada akhir list.


gambar e merupakan nilai-nilai penelusuran dari depan (preorder traversal).


*      Merging Two Sorted Lists
Menggabungkan dua daftar list menjadi satu kesatuan elemen pada setiap waktu.


Pada gambar 1.7 dapat diketahui terdapat 2 short list dengan komponennya masing-masing. Dari dua short list tersebut digabung menjadi satu elemen satu kesatuan dengan waktu kompleksitasnya secara sekuensial n log n.

*      Graph Coloring
Problem klasik algoritma tentang bagaimana caranya mewarnai graph dengan warna berbeda untuk setiap node yang “berdekatan”. “Berdekatan” artinya ada edge yang menghubungkan kedua node tersebut. “Problemnya” adalah bagaimana caranya mengusahakan agar jumlah warna yang digunakan seminimal mungkin.
Contoh Sederhana:
Pada gambar diatas diketahui bahwa kita memerlukan 3 warna untuk mewarnai graph diatas.


PENUTUP

Penulis ingin menyampaikan rasa Terima Kasih kepada Alloh SWT yang selalu memberi rizki dan hidayah-Nya disetiap nafas yang diberikan, kepada Ke-dua Orang tua yang selalu membuka tangannya, dan juga teman-teman yang telah menambah warna kehidupan.
Semoga dari pembelajaran yang ada dapat menambah pengetahuan teman-teman dan juga adik –adik menyangkut tentang Algoritma PRAM dan perbedaan dari setiap sub-bab yang ada. Pembelajaran tentang apa itu Parallel Reduction, edge, node, bagaimana caranya menggabungkan dua short list, dan sebagainya.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dari materi yang sudah disediakan dan diharapkan jika teman-teman atau pun adik-adik ingin belajar ulang atau memahami lebih dalam tentang Algoritma PRAM dimohon untuk menutup kekurangan tersebut.

Daftar Pustaka: